Halal Fair Jakarta Resmi Dibuka, Tak Hanya Tampilkan Beragam Promosi Produk tapi Juga Hadirkan Kajian Islami

JurnalPatroliNews – Jakarta – Acara ini menampilkan beragam produk Islami serta program-program solutif yang dirancang untuk menjawab berbagai permasalahan keseharian dalam kacamata syar’i. Perhelatan ini berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 Agustus di Kartika Expo, Balai Kartini, Jakarta.

“Selain menyajikan suguhan belanja produk halal dengan promo spesial yang selalu menjadi incaran pengunjung, Halal Fair Jakarta yang membidik segmen anak muda dan keluarga muda ini juga menghadirkan program-program kreatif dan solutif guna menjawab permasalahan keseharian berdasarkan kacamata syar’i,” kata Satrio Sukur, Project Director Halal Fair, pada pembukaan acara tersebut, Jumat (9/8/2024).

Gelaran Halal Fair yang telah berlangsung sejak 2019 ini, lanjutnya, menjadi wahana strategis untuk meningkatkan literasi ekonomi syariah, memperluas pangsa pasar, dan mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan gaya hidup halal (halal lifestyle). Sebagai The Most Inspiring Event, Halal Fair telah menciptakan tren Halal Lifestyle yang menjadi rujukan dan referensi masyarakat yang berkesadaran pada aktivitas muamalah sesuai tuntunan Rasul.

“Halal Fair ini sebenarnya sudah menjadi kebutuhan khususnya bagi masyarakat muslim. Maka itu, kami adakan secara series di Jakarta, BSD Tangerang, dan Yogyakarta yang Alhamdulillah mendapatkan respon antusias.

Tiap penyelenggaraan event kami, tidak kurang dari 20 ribu pengunjung datang yang sebagian besar adalah keluarga,” tutur Satrio Sukur yang optimis bahwa Halal Fair Jakarta akan menarik perhatian sekitar 30 ribu pengunjung.

Konsistensi dan komitmen WPCitra sebagai penyelenggara mendapat apresiasi dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jakarta.

Dalam sambutannya pada seremoni pembuka Halal Fair Jakarta, Sekretaris Umum MES Jakarta, Adang Adha, mengatakan bahwa Halal Fair yang diselenggarakan secara berseri di sejumlah kota ini mampu menjadi lokomotif peningkatan literasi ekonomi dan keuangan syariah yang saat ini baru mencapai 23,3 persen.

“Targetnya, pada tahun 2025, diharapkan literasi ekonomi syariah bisa mencapai 50 persen untuk mewujudkan misi Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Halal Fair yang digelar ini juga diharapkan akan berkembang menjadi Internasional Halal Fair,” kata Adang.

Adang juga menyoroti bahwa meskipun Indonesia memiliki populasi muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 85 persen penduduknya adalah muslim, kontribusi ekonomi syariah di tanah air masih berada di angka 12 persen.

Banyak potensi pasar dalam negeri yang belum tergarap dengan baik, seperti fesyen muslim, kuliner halal, serta keuangan komersial dan sosial syariah. Untuk itu, Adang mengajak seluruh sektor terkait untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah, termasuk dengan menggunakan produk-produk halal dan bertransaksi dengan keuangan syariah.

Halal Fair Jakarta tahun ini diikuti oleh 136 exhibitor dari 117 brand dari berbagai kategori bisnis, termasuk perbankan dan keuangan syariah, kecantikan halal, tour & travel, fashion, haji dan umrah, pendidikan, kuliner, serta multiproduk lainnya.

Disponsori oleh tiga brand besar yaitu Wardah, Kahf, dan Biodef, Halal Fair Jakarta siap memanjakan pengunjung dengan promo spesial dan program acara yang menghibur. Setiap harinya, di stand Wardah, pengunjung bisa mengecek kondisi kulit, rambut, dan kesehatan kulit secara gratis untuk mengetahui permasalahan kulit dan solusinya. Diskon hingga 25% diberikan untuk pembelian produk, dengan bonus VR Journey untuk pembelian minimal tertentu. Biodef juga menawarkan diskon spesial hingga 25%, promo beli 3 gratis 1, dan area bermain anak-anak.

Pengunjung stand Kahf bisa menikmati diskon hingga 30%, bundling produk, dan permainan VR. Untuk ikhwan yang gondrong, tersedia pangkas rambut gratis setiap harinya di stand Kahf.

Halal Fair menjadi ajang branding dan promosi yang efektif, tak heran para jastiper dan pengunjung memburu produk dengan diskon hingga 30%. Beberapa produk bahkan menawarkan diskon hingga 50% untuk pembelian kedua, seperti Yalasafa, brand hijab syar’i, dan Samase, brand fashion ikhwan yang favorit di kalangan pengunjung.

Bagi yang mempersiapkan aqiqah, Nusantara Aqiqah memberikan potongan harga hingga Rp 400 ribu. Diskon Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta juga diberikan oleh Travel Umrah dan Haji Bin Dawood Tour untuk pendaftar selama pameran, dengan kesempatan memenangkan hadiah umrah.

Muslimah mendapat perhatian khusus dalam acara ini, dengan program sharing Muslimah Series yang bekerja sama dengan Khadeejah Center. Program ini membahas permasalahan kesehatan mental dengan kesempatan konsultasi langsung dengan ahlinya.

Dalam kolaborasi dengan RIHLA, pengunjung dapat mengikuti seminar yang membahas aspek kehidupan dalam pandangan Islam, dipandu oleh Ustadz Abdurrahman Zahier di Raflesia Grand Ballroom pada Sabtu (10/8). Khusus pengunjung RIHLA, otomatis mendapatkan akses gratis ke Halal Fair.

Berbagai kompetisi menarik juga diselenggarakan, termasuk live cooking show, lomba mewarnai untuk anak, dan banyak lagi. Halal Playpark tersedia untuk keluarga yang membawa anak-anak. Bagi yang ingin membuat atau memperpanjang paspor, Kantor Imigrasi Jakarta Barat siap melayani selama pameran.

Komentar