Ada Tol Serbaraja, Empat Jalan Tol Baru Ini akan Melintas Kabupaten Tangerang

JurnalPatroliNews Tangerang – Empat ruas jalan tol baru akan melintas wilayah Kabupaten Tangerang, Banten. Sebagian di antaranya sedang dibangun, dan ada juga yang masih dalam tahap perencanaan.

Keempat proyek jalan tol yang akan melintas Kabupaten Tangerang itu, yakni tol Serbaraja ( Serpong-Balaraja) (37,6 km), tol Kamal-Teluknaga Rajeg-Balaraja (35,6 km), tol Semanan-Balaraja (21 km), dan tol Pakuhaji-Sepatan Timur-Neglasari-Bandara Soekarno Hatta (11,5 km).
Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesal Rasyid, mengatakan bahwa pembangunan keempat ruas tol tersebut sudah melalui kajian-kajian, serta sebagian proses perizinan sudah mendapat persetujuan dari kementerian terkait.

“Penetapan lokasi untuk ruas tol sudah di setujui oleh Gubernur Banten, di mana bakal melintasi sejumlah kecamatan dan desa di dalamnya, sebagai pemerintah daerah kita terus lakukan monitoring dan evaluasi terkait proyek ini,” kata Sekda.

Ia mengungkapkan, tujuan dari pembangunan empat ruas tol ini merupakan bagian rencana Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur transportasi bagi masyarakat Kabupaten Tangerang di masa mendatang.

Keempat ruas tol yang akan dibangun semuanya di bawah naungan konsorsium atau perusahaan swasta. “Pemkab Tangerang tidak akan terlibat dalam urusan pembebasan lahan di wilayah-wilayah yang menjadi zonasi pembangunan,” jelasnya.

Perusahaan swasta yang menjadi penanggungjawab dalam pembangunan itu, yakni PT Trans Bumi yang akan mengelola tol Serpong-Balaraja (Serbaraja), PT Duta Graha Karya menaungi tol Kamal Teluknaga Rajeg Balaraja (Kataraja).

Selain itu PT Alam Sutera Realty Tbk menaungi ruas tol Semanan-Balaraja, dan konsorsium Raharja Bandara Agung menangani proyek tol Pakuhaji-Sepatan Timur-Neglasari-Bandara Soekarno Hatta di kelola .

(*/lk)

Komentar