Aksi Armada Transjakarta Jemput 420 WNI yang Dievakuasi dari Sudan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Evakuasi WNI dari Sudan tidak hanya melibatkan TNI, tapi PT Transjakarta juga ikut terlibat. Perusahaan milikEvakuasi WNI ini menyediakan 15 bus untuk mengangkut para WNI tersebut.

Bus itu digunakan untuk mengangkut WNI yang sudah tiba di Bandara Soekarno-Hatta ke Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Di Asrama Haji para WNI yang baru keluar dari Sudan itu menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dipulangkan ke daerah asalnya.

“Pagi tadi, Jumat, 28 April 2023 pukul 05.30, telah tiba dengan selamat 420 WNI penyintas konflik Sudan dan langsung menuju Asrama Haji Pondok Gede untuk melakukan proses lebih lanjut yang dilakukan pemerintah sebelum kembali ke daerah asal masing-masing,” kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta, Apriastini Bakti Bugiansri, dalam keterangan tertulis, Jumat (28/4).

Dari ratusan penyintas, nampak di antaranya lansia menggunakan kursi roda. Sambil dibantu petugas dan beberapa personel kepolisian lansia tersebut naik ke bus.

“Transjakarta merasa sangat terhormat dapat terlibat dalam misi kemanusiaan ini, sebagai wujud nyata visi perusahaan membentuk pelayanan dalam menghubungkan kehidupan Jakarta,” tutut Apriastini.

Ratusan WNI ini dievakuasi dari Sudan karena terjadi perang saudara di negara tersebut. Mereka dipulangkan ke Indonesia secara bertahap.

Pada tahap satu sebanyak 569 dibawa keluar. Sedangkan pada tahap dua sebanyak 328 WNI yang berhasil dibawa keluar.

Sebelum tiba di Indonesia mereka diberangkatkan dari Jeddah Arab Saudi. Jeddah merupakan tempat penampungan sementara setelah para WNI itu berhasil keluar dari Sudan.

Komentar