Antonius Benny Susetyo: FKUB Wajah Nyata Indonesia Dalam Moderasi Beragama

“FKUB sebagai Wadah dalam usaha mengakomodir kepentingan setiap pemeluk agama dipandang merupakan agen yang tepat dalam usaha moderasi beragama , keberadaan FKUB bukan semata mata sebagai pengobat permasalahan antar umat beragama , namun lebih dari itu FKUB harus dapat menjadi wadah kebersatuan bangsa, wadah penanaman nilai nilai luhur beragama dan berbangsa yang bersumber pada Pancasila,” punkas Benny.

Pada Masa sekarang ini Benny menjelaskan bahwa Pancasila dipandang belum menjadi living dan working ideology.

“Pancasila dipandang hanya merupakan retorika dan belum terwujud nyata dalam kehidupan sehari hari ini yang membuat permasalahan dan perbincangan tentang Pancasila tidak kunjung selesai. Saat ini masyarakat Indonesia tanpa sadar telah menjadi alat dari gadget yang berhilir pada sangat masifnya narasi buruk dan berita hoax hingga menjadi industri,” tuturnya.

Hal dijelaskan Benny yang juga seorang Budayawan dapat terjadi karena adanya kekosongan generasi dimana pancasila sejak 1998 tidak aktif lagi diajarkan dan dilaksanakan dan membuat Negara sekarang dijejali dengan nilai nilai kapitalis dan post truth yang merusak pelan pelan generasi negara.

“Pancasila saat ini masih hanya sebatas menjadi bahan perbincangan belum lebih lanjut diinternalisasi dalam nilai kehidupan dan dibuktikan dalam kinerja ,Pancasila selama ini hanya menjadi logos belum menjadi pathos maupun ethos, ” jelasnya.

Karenanya Budayawan ini menegaskan bahwa FKUB memiliki tugas penting dalam upaya merajut kembali rasa persatuan dan kesatuan yang sempat terobek khususnya karena berita bohong yang memecah belah bangsa dan banyak terjadi di media sosial , dalam berbagai kegiatan FKUB dapat mendorong Masyarakat untuk kembali kepada nilai nilai keagamaan dan persatuan serta kesatuan yang terkandung pada Pancasila.

“FKUB dapat mendorong masyarakat dari satuan terkecil yaitu keluarga untuk dapat memenuhi ruang ruang publik dengan konten konten Positif tentang keagamaan dan nilai nilai kemanusiaan yang merupakan bukti nyata bahwa Pancasila belum selesai dan senantiasa hidup dan berkembang dalam masyarakat,” Tambah Benny.

FKUB diharapkan mampu menjaga, menunjukan dan membumikan Pancasila sebagai wajah nyata Kepancasilaan yang mampu mengakomodir setiap unsur dan berperan nyata dalam usaha harus menggiring kembali masyarakat untuk kembali pada narasi Positif tentang keberagaman dan Kebhinekaan, melawan kebohongan Struktural dan menggunakan teknologi untuk persatuan dan kesatuan hingga dapat menghindari kemunduran yang membuat manusia menjadi satu dimensi yang menjadi hamba media social tanpa penyaringan konten yang jelas .

“FKUB harus mampu menjadi katalisator yang menjadikan masyarakat komunitas pemutus kata yang selektif dalam memilah konten yang positif dan berguna hingga moderasi beragama yang menjadi cita cita kebangsaan dalam merawat keberagaman dapat terlaksana, ” tutup Benny.

Komentar