BNPB Apresiasi Partisipasi Lembaga Pelatihan dalam Penguatan Penanggulangan Bencana

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Penanggulangan bencana di Tanah Air membutuhkan sumber daya yang handal. Kehandalan tersebut bertujuan untuk penyelenggaraan yang efektif dan efisien pada setiap tahapannya. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, latihan berkualitas terakreditasi menjadi bagian penting sebagai bentuk penguatan sumber daya. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Pusdiklat PB) melaksanakan penyerahan sertifikat akreditasi bagi lembaga pelatihan teknis penanggulangan bencana daerah dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) provinsi. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan salah satu fungsi Pusdiklat PB yaitu pengembangan program serta akreditasi pendidikan dan pelatihan penanggulangan bencana.

Sertifikat akreditasi lembaga pelatihan teknis PB diserahkan kepada lima lembaga pelatihan daerah, yaitu BPSDM Provinsi Jawa Barat, BPSDM Provinsi Sumatra Barat, BPSDM Provinsi Jambi, BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah dan BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan. 

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara rawan bencana sehingga membutuhkan kesiapan sumber daya manusia yang matang dalam pelaksanaan upaya penanggulangan bencana yang berkualitas.

“Indonesia berada pada empat lempeng besar dunia dan negara kepulauan yang membuat negara kita rawan terhadap bencana sehingga dalam penanganannya membutuhkan kesiapan yang sangat matang, salah satunya sumber daya manusia,” ujar Lilik dalam kegiatan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Pendidikan dan Pelatihan Teknis Penanggulangan Bencana dan Penyelenggaraan Program Diklat Dasar Manajemen Bencana Tahun 2021 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (19/10).

Pada kesempatan ini, Lilik juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh BPSDM yang telah mendapatkan akreditasi atas dukungannya terhadap pengembangan kompetensi sumber daya manusia di daerah masing-masing dalam bidang penanggulangan bencana (PB) melalui pendidikan dan pelatihan.

“Saya berpesan, agar kelima BPSDM yang telah mendapatkan akreditasi sebagai lembaga pelatihan di bidang penanggulangan bencana, dapat terus meningkatkan pelayanan dan juga menciptakan inovasi dalam melaksanakan pelatihan, khususnya di bidang Penanggulangan Bencana di daerah masing-masing,” ujar Lilik.

Pelaksanaan penyerahan sertifikat akreditasi lembaga pelatihan teknis PB turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administasi Negara Republik Indonesia (LAN RI) Erna Irawati. Ia berharap akreditasi yang telah dilakukan oleh Pusdiklat PB BNPB dapat dikembangkan ke lembaga pelatihan swasta dan menjadi motivasi untuk pengembangan penyelenggaraan diklat teknis PB di masa mendatang.

“Pengakuan akreditasi yang telah diterima oleh BPSDM akan menjadi tantangan untuk menciptakan kualitas terbaik dalam penyelenggaraan diklat teknis penanggulangan bencana yang didukung dengan koordinasi secara aktif untuk perbaikan pelaksanaan diklat penanggulangan bencana pada tahun-tahun yang akan datang,” tutur Erna.

Penyerahan sertifikat akreditasi dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPB didampingi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan PB BNPB dan Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN LAN RI kepada kelima perwakilan BPSDM provinsi.

Komentar