BNPB Berikan Apresiasi Kreatifitas Unsur Pentaheliks Melalui Tangguh Awards

JurnalPatroliNews – KOTA AMBON – BNPB menganugerahkan Tangguh Awards kepada para pemenang lomba kreatifitas terkait edukasi dan dokumentasi kebencanaan. Mereka yang berkontribusi melalui karya seni merupakan bagian dari unsur pentaheliks dalam penanggulangan bencana di Tanah Air.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan menyelenggarakan lomba kreatifitas kebencanaan setiap tahunnya. Penghargaan Tangguh Awards ini menjadi ruang untuk menarik minat sekaligus menyalurkan kreatifitas masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun pengalaman di bidang kebencanaan.  

Tangguh Awards merupakan agenda tahunan BNPB yang digelar untuk umum sejak tahun 2012 dan telah diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai kalangan di seluruh nusantara.

Partisipasi masyarakat melalui Tangguh Awards dengan tema “Berkarya dalam Penanggulangan Bencana” menghadirkan inovasi sosialisasi edukasi kebencanaan yang kreatif dengan tiga kategori, antara lain foto, video pendek dan komik strip.

Pada tahun 2021, terdapat 1.041 karya yang berpartisipasi, antara lain 883 karya fotografi, 88 karya video pendek dan 70 karya komik strip yang telah dihimpun sejak bulan Juni hingga September 2021.

Hadirnya Tangguh Awards ini juga mendorong partisipasi dan kesadaran bersama dalam membangun ketangguhan bangsa dalam menghadapi bencana. 

Penyerahan Tangguh Awards tersebut berlangsung pada puncak acara Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2021 di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Rabu (20/10).

Berikut para pemenang Tangguh Awards 2021:

1. Kategori Foto : I Wayan Surya Edy Gautama dengan judul “Tangguh Berkarya Menangani Jasad Korban Pandemi dengan cara yang Bermartabat”

2. Kategori Video Pendek : Muhammad Riski Ramadhan dengan judul “Edukasi Gempa dan Tsunami”

3. Kategori Komik Strip : Nana Maulana dengan judul “Panel Surya Menyemai Cerita”

Komentar