Boleh! Soal SPBU Batasi Pembelian Pertalite, Ini Kata Kepala BPH Migas

“Mohon maaf di sini maksimal Rp 400 ribu per hari untuk mobil. Malah sudah ada yang menerapkan maksimal Rp 70 ribu untuk motor di sebelah sana,” kata petugas itu dikutip Selasa (2/5/2023).

Tak jauh dari Salatiga, pengaturan maksimal untuk pembelian BBM jenis Pertalite rupanya juga telah diberlakukan di wilayah Temanggung. Bahkan alokasinya hanya Rp 150 ribu per hari untuk kendaraan roda empat atau mobil.

Eko (38), salah satu warga Temanggung mengaku kebijakan tersebut sudah diterapkan sejak 3 bulan yang lalu. Menurutnya konsumen yang membeli Pertalite tanpa QR Code MyPertamina hanya dilayani maksimal Rp 150 ribu per hari.

“Rata-rata di SPBU Temanggung maksimal Rp 150 ribu per hari untuk mobil. Ini berlaku bagi konsumen yang membeli Pertalite tanpa QR Code,” ujarnya.

Merespon hal tersebut, Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengungkapkan pihaknya akan melakukan kroscek terlebih dahulu mengenai kebijakan pembatasan pembelian BBM Pertalite di wilayah Temanggung dan Salatiga.

Pasalnya, uji coba pembatasan Pertalite belum diberlakukan di dua kota tersebut.

“Uji coba (pembatasan) Pertalite belum ada di 2 kota tersebut dan untuk stok aman untuk wilayah tersebut,” ujar Irto kepada rekan media, dikutip Rabu (3/5/2023).

Komentar