Bukan Menteri, Siapa Pejabat Pemilik Harta Rp 8 T?

JurnalPatroliNews Jakarta Perbandingan harta kekayaan penyelenggara negara selama pandemi virus Corona (COVID-19) diungkap KPK. Ada pejabat negara yang disebut memiliki harta Rp 8 triliun lebih. Siapa dia?

Hal itu disampaikan Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam diskusi webinar LHKPN yang disiarkan di YouTube KPK RI, Selasa (7/9/2021). Pahala mengatakan pejabat negara yang memiliki harta Rp 8 triliun itu berada pada jajaran kementerian/lembaga.
Pahala menyebutkan statistik itu sebagai gambaran saja. Namun tertulis, di antara para penyelenggara negara, rata-rata yang memiliki harta kekayaan tertinggi adalah anggota DPR, senilai Rp 23 miliar.
“Tidak ada niat yang bilang bahwa kalau DPR rata-rata Rp 23 miliar itu orang DPR lebih kaya dibanding DPRD kabupaten/kota, itu nggak. Tapi kira-kira masyarakat bisa menduga rata-rata kekayaannya Rp 23 miliar anggota DPR diikuti oleh anggota DPRD kabupaten/kota sekitar Rp 14 miliar, lantas BUMN, DPD dan selanjutnya,” ucap Pahala.

Menurut Pahala, kekayaan yang tinggi itu biasanya menunjukkan para pejabat negara itu sebelumnya merupakan pengusaha. Namun ada pula pejabat negara yang disebut Pahala hartanya minus.
“Tapi pada saat yang sama, ada juga nilai harta terendah yang menarik yang di antara kementerian/lembaga masih ada yang melaporkan bahwa hartanya minus Rp 1,7 triliun. Jadi kita pikir Rp 1,7 triliun minus, pada saat yang sama tertingginya bisa sampai Rp 8 triliun,” kata Pahala.
“Oleh karena itu, ada kemungkinan di lapangan berbeda tapi kira-kira ini potret rata-rata harta dari semua bidang, harta yang terendah yang semuanya menunjukkan minus kecuali DPD dan DPR itu ada yang menunjukkan Rp 47 juta saja. Jadi jangan dipikir semua ini orang yang hartanya besar nggak juga karena dilaporkan ada juga yang angkanya dinas alias utangnya lebih banyak dibandingkan hartanya,” imbuhnya.
Namun saat dicek detikcom pada situs elhkpn.kpk.go.id, tidak ada pada deretan menteri dan wakil menteri yang memiliki harta sefantastis itu. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun tidak sampai ratusan miliar rupiah.
Tercatat dari para anak buah Jokowi-Ma’ruf yang memiliki harta hingga triliunan adalah Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Nadiem Makarim, Erick Thohir, dan Sakti Wahyu Trenggono. Namun yang tercatat paling tinggi adalah Sandiaga Uno sebesar Rp 3,8 triliun.
Lantas siapa pejabat negara pemilik harta Rp 8 triliun itu?
data harta MenteriData harta menteri. Foto: Data dari LHKPN
data harta Menteri
Data harta menteri yang disarikan dari LHKPN KPK. Foto: Data dari LHKPN

Komentar