Catat! Ternyata Rekor Dunia Angklung Sudah Tercipta Tahun 2015 di Bandung

JurnalPatroliNews – Jakarta – Indonesia berhasil memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (05/08/2023). Rekor pergelaran angklung yang dicatat oleh Guinness World Records (GWR) tersebut diikuti oleh 15.110 peserta.

“Saya dapat memastikan bahwa dengan 15.110 peserta Indonesia telah mencapai (pemecahan rekor),” ujar penilai resmi GWR, Sonia Usirogochi.

Acara pencatatan rekor tersebut dipandu dan diinisiasi oleh penerima Mahakarya Kebudayaan MURI yaitu Saung Angklung Udjo, dengan membawakan dua lagu yaitu Berkibarlah Benderaku karya Ibu Soed dan Wind of Change karya band asal Jerman, Scorpions. 

Peserta terdiri dari anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju, Pegawai Negeri Sipil, Dharma Wanita Persatuan sejumlah kementerian, Lembaga TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar dan lainnya. 

Rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar sebelumnya tercipta di Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat, pada 9 Juli 2011 dengan melibatkan 5.182 peserta.

Namun permainan angklung di Gelora Bung Karno yang dicatat oleh Guinness World Record tersebut dikritisi oleh salah satu Direktur Museum Rekor Dunia Indonesia, MURI.

“Kami sangat bangga atas pencapaian rekor angklung yang tercatat pada tanggal 5/8/2023, namun perlu diketahui bahwa Museum Rekor Dunia Indonesia telah mencatat “Pagelaran Musik Angklung Peserta Terbanyak” pada tanggal 23/04/2015 dengan jumlah 20.074 Peserta di Stadion Siliwangi Bandung. Rekor tersebut terjadi dalam rangka Konferensi Asia Afrika yang ke 60 tahun,” ungkap Direktur Museum Rekor Indonesia, Osmar Susilo dalam keterangan yang diterima, Senin (7/8).

Ditambahkannya, Piagam Museum Rekor Dunia Indonesia diterima oleh Walikota Bandung saat itu, Ridwan Kamil dan disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Hadir juga representatif dari Guinness World Record pada acara tersebut.

“Namun tidak tahu apa yang terjadi pada saat rapat di London, hasil dari rapat tersebut membuat acara “Angklung for Harmony” yang terjadi di Stadion Siliwangi  tidak tercatat di Guinness World Record,” kata Osmar Susilo. 

Komentar