Catat! Ternyata Rekor Dunia Angklung Sudah Tercipta Tahun 2015 di Bandung

Ditegaskannya, andaikata peristiwa akbar yang terjadi di Stadion Siliwangi tercatat, maka peristiwa pada Sabtu (5/8) di Gelora Bung Karno tidak akan tercatat sebagai Rekor Guinness yang baru karena 15.110 peserta masih kalah dari 20.074 peserta. 

“Sonia Usigorochi mengatakan bahwa di Indonesia telah tercatat 124 Guinness World Record. Sementara Museum Rekor Dunia Indonesia telah mencatat 11.100 Rekor sejak didirikan pada tahun 1990, dan MURI sekarang berusia 33 tahun,” ujar Osmar. 

“Hal ini sangat ironis, karena Guiness World Record yang awalnya menolak rekor seperti batik dan keris karena dianggap tidak penting, sekarang berani mengakui angklung, salah satu alat musik kebanggaan Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan telah diakui oleh UNESCO tahun 2010 sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia sebagai  rekor,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, melihat sejarah kemerdekaan Indonesia, pendiri bangsa ini memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 tanpa pengakuan dari asing.

“Seharusnya setelah 78 tahun Indonesia Merdeka, kita tidak mempunyai Inferiority Complex untuk mendapatkan pengakuan dari negara atau Lembaga asing namun dari dalam negeri sendiri,” tandasnya.

Komentar