Cek Disini..! Inilah Daerah Dengan Realisasi APBD Tertinggi Sampai Maret 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Agus Fatoni, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), mengingatkan Daerah-daerah, agar meningkatkan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Ini sudah April, dan bulan April sudah mau berakhir. Perlu menjadi perhatian daerah untuk memacu Realisasi Anggaran, baik pendapatan maupun belanja,” Katanya, Sabtu (16/4/22).

Ia membeberkan, posisi Realisasi Pendapatan dalam APBD TA 2022, per 31 Maret 2022, secara rata-rata sebesar Rp150,73 triliun atau 14,39 persen.

Ia juga menyebut, Daerah-daerah dengan Realisasi Pendapatan APBD tertinggi per Maret 2022.

Untuk Provinsi, yakni Daerah Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Sumatera Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat.

Sedangkan untuk Kabupaten, Daerah dengan Realisasi pendapatan tertinggi per Maret 2022 yakni Jembrana, Kulon Progo, Pati, Magetan, Kolaka Utara, Klungkung, Kepulauan Mentawai, Tulungagung, Tanah Datar, dan Wonogiri.

“Kemudian dari sisi Pendapatan Kota, kita melihat sepuluh daerah tertinggi adalah yang pertama Kota Magelang, kemudian Kota Kediri, Kota Padang Panjang, Denpasar, Kota Bogor, Kota Batu, kemudian Kota Kendari, Kota Ternate, Kota Tasikmalaya, dan Kota Madiun,” sebutnya.

Sementara itu, lanjutnya, Realisasi belanja daerah dari tahun ke tahun juga mengalami capaian yang beragam.

Komentar