Nasional

Cek Kesiapan Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN 2023, Jokowi Sampaikan Isu Penting Ini!

Avatar
×

Cek Kesiapan Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN 2023, Jokowi Sampaikan Isu Penting Ini!

Sebarkan artikel ini
Cek Kesiapan Tempat Pelaksanaan KTT ASEAN 2023, Jokowi Sampaikan Isu Penting Ini!

JurnalPatroliNews -NTT, – Presiden Joko Widodo (Jokowi), memastikan langsung kesiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (7/5/23).

Dalam kesempatan itu, Presiden membocorkan isu yang akan dibahas pada KTT, yang akan dilangsungkan pada 10-11 Mei mendatang. Salah satu isu itu yakni, permasalahan yang dihadapi Myanmar,

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Kita tidak ingin ASEAN menjadi proksi siapa pun, Negara mana pun, karena yang kita inginkan, ASEAN adalah terbuka, kerja sama, dan siapa pun, dengan Negara mana pun. Sehingga, penyelesaian setiap masalah yang ada di ASEAN, adalah prinsip dialog. Ini sangat penting sekali, terutamanya dalam masalah Myanmar,” ujar Jokowi kepada media, Minggu (7/5/23).

Jokowi menegaskan, pemberian sanksi, bukan lah merupakan solusi bagi Myanmar, melainkan melalui dialog, terutama di forum KTT ASEAN.

“Kita ingin konflik di Myanmar segera diselesaikan. Pertama kekerasan, harus segera dihentikan. Kedua, bantuan kemanusiaan harus sampai ke rakyat Myanmar. Ketiga, dialog. yang terpenting, kita ingin tidak hanya di sini, tapi juga di Myanmar,” tegas Jokowi.

Diketahui, pada tahun ini, Indonesia akan menggelar KTT ASEAN. Bahkan, untuk pertama kalinya, setelah pandemi Covid-19, KTT ASEAN ini, akan dilakukan dua kali dalam setahun secara langsung (in person).

KTT ASEAN ke-42 kali ini akan diadakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 10-11 Mei 2023. Sedangkan KTT ASEAN ke-43, akan digelar di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang.

KTT ke-42 akan dihadiri oleh delapan pemimpin/Presiden Negara-negara di ASEAN), Sekretariat Jenderal (Sekjen) ASEAN, serta Perdana Menteri Timor Leste.

KTT ASEAN, akan membahas prioritas lainnya seperti, soal ketahanan pangan, stabilitas keuangan, ketahanan energi, dan isu kesehatan.

Penulis: (EDHA/RED)Editor: Muhammad Arya Putra