Ganggu HUT Ke-77 RI di Papua, KKB Dipukul Mundur TNI

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Intan Jaya, Papua sempat diganggu Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Namun, aksi KKB tersebut berhasil diantisipasi aparat yang bersiaga.

“Memang benar, KSB Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIT melakukan penembakan di sekitar Mamba, namun berhasil diatasi oleh aparat keamanan yang memang sudah bersiaga guna mengantisipasi adanya gangguan keamanan,” ujar Komandan Korem 173/Praja Vira Braja, Brigjen TNI Taufan Gestoro, Rabu (17/8).  

Taufan mengatakan, sempat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan KSB. Namun, berhasil dipukul mundur. 

“Sempat terjadi kontak tembak antara aparat keamanan dengan KSB, sehingga akhirnya (KSB) dipukul mundur. Pelaksanaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Intan Jaya di Sugapa berlangsung aman,” kata Taufan. 

Saat ditanya tentang upacara HUT RI di wilayah Korem 173/PVB, Brigjen Taufan mengaku secara keseluruhan berlangsung aman dan tidak ada gangguan yang berarti. 

Upacara HUT Ke-77 RI di Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Deiyai, Dogiyai dan Nabire berlangsung aman. 

Meskipun di Dogiyai sempat dilaporkan adanya pembakaran, tetapi tidak ada korban jiwa.

“Alhamdulillah, upacara HUT Ke-77 RI di wilayah Korem 173/PVB berlangsung aman walaupun ada gangguan di beberapa wilayah,” tutur Taufan. 

KKB melakukan penembakan di Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (16/8).  Namun, dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. 

Askara

Komentar