Ganjar Pranowo Apresiasi Gerak Cepat Kemlu Evakuasi WNI dari Afghanistan

JurnalPatroliNews – Semarang, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengapresiasi gerak cepat Kementerian Luar Negeri (Kemlu), TNI, dan Badan Intelijen Negara, mengevakuasi 26 orang warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan. Di tengah situasi dan kondisi yang sulit, Kemlu dinilai berusaha memulangkan WNI.

“Dengan situasi dan kondisi yang sulit, Kemlu tetap berusaha untuk memulangkan warga negara Indonesia dari sana, tentu saya mengapresiasi gerak cepat Kemlu yang sudah berhasil melakukan evakuasi,” kata Ganjar di Semarang, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Ganjar, cara ini adalah bukti bagaimana pemerintah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah. “Mereka yang ada di luar dan mengalami situasi tidak bagus, Kemlu dengan sangat cepat merespon ini,” ucap Ganjar.

Ganjar berharap semua WNI yang ada di Afghanistan selamat, termasuk yang sedang dievakuasi. “Mudah-mudahan seluruh warga negara yang dievakuasi sehat dan selamat, yang belum segera bisa menyusul,” imbuh Ganjar.

Ganjar mengaku akan terus memantau perkembangan kondisi di Afghanistan melalui pemberitaan. Sebab, Ganjar menyatakan situasi saat ini akan membawa pengaruh nanti pada politik luar negeri Indonesia.

“Termasuk bagaimana nanti situasi perubahan dunia secara eksternal, khususnya dalam politik luar negerinya. Ini akan punya potensi untuk terpengaruh, maka saya ikuti terus tiap hari,” kata Ganjar.

Disinggung mengenai adakah warga Jateng yang saat ini berada di Afghanistan atau yang sudah ikut dievakuasi hari ini, Ganjar mengatakan belum mendapat laporan. “Dari Jateng belum, nanti kita cek terus,” ucap Ganjar.

(antara)

Komentar