Sertijab! Pesan Panglima Yudo ke KSAD Agus: TNI Harus Netral di Pemilu 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memberikan pesan kepada KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto yang baru menjabat. Yudo meminta agar Agus menjaga netralitas TNI di Pemilu 2024.

Tentunya kepada Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk melanjutkan program-program kerja yang selama ini sudah dirancang sudah disiapkan Jenderal Dudung sehingga nanti di tahun 2024 kita menghadapi pemilu nanti kita sudah siap dan tentunya netralitas TNI yang harus kita junjung tinggi kita komitmen karena hanya netralitas TNI, TNI netral saya yakin pemilu ini dapat berlangsung dengan baik aman lancar dan sejuk,” kata Yudo di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (27/10/2023).

“Ya kuncinya selalu saya sampaikan adalah TNI harus netral, yang selalu saya tekankan kepada Pak Agus untuk menjaga netralitas TNI, ya tentunya Angkatan Darat, Laut, Udara,” sambungnya.

Yudo mengatakan Agus juga harus menyiapkan beberapa hal dalam menghadapi tahun politik. Dari kesiapan personel hingga kekuatan.

“Iya, ini di tahun 2024 karena memang tahun pemilu. Tapi yang tugas utama tentunya dari Angkatan Darat kan selaku pembina kekuatan, ya harus menyiapkan Alutsista, menyiapkan personel, materiil, semuanya,” ujarnya.

“Ya tentunya harus selalu sewaktu-waktu dikerahkan, harus siap. Karena menang kalau Panglima TNI kan sebenarnya pengguna kekuatan. Penyiap maupun pembina kekuatan adalah kepala staf angkatan. Nah ini tentunya tantangan tersendiri untuk Pak Agus ke depan, dengan kesiapsiagaan personel, Alutsista, dan juga nanti di dalam menghadapi tahun pemilu tentunya juga harus menyiapkan sarana prasarana yang ada untuk menjamin supaya pemilu ini aman, netral, damai dan sejuk. Saya kira itu harapan semua masyarakat Indonesia,” katanya.

Sebelumnya, Jenderal TNI Agus Subiyanto telah resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Kini Jenderal TNI Dudung Abdurachman telah resmi menyerahkan jabatan KSAD ke Jenderal Agus.

Pantauan rekan media, pukul 08.25 WIB, Jumat (27/10), serah terima jabatan (Sertijab) digelar di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat. Sertijab dipimpin langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Awalnya sebagai simbolis, Dudung menyerahkan tongkat bendera ke Yudo. Lalu, tongkat itu diserahkan Yudo ke Agus.

Selanjutnya, penanggalan tanda jabatan juga dilakukan oleh Yudo ke Agus. Lalu Agus melakukan penandatanganan Sertijab yang disaksikan Yudo dan Dudung.

Komentar