Menuju Indonesia Unggul! Janji Ganjar – Mahfud: Turunkan Kemiskinan 2,5 Persen

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah menguraikan sejumlah sejumlah visi dan misi di bidang perlindungan sosial jika nantinya terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dalam dokumen visi misi berjudul ‘Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’, pasangan Ganjar-Mahfud menargetkan  menekan tingkat kemiskinan hingga menyediakan dana abadi sosial.

Dalam dokumen visi-misinya, pasangan Ganjar Mahfud bertekad untuk mempercepat pembangunan manusia Indonesia yang unggul, berkualitas, produktif dan berkepribadian.

Untuk mencapai misi ini, mereka menghadirkan peran negara dan sistem perlindungan sosial yang adaptif. Berikut rincian janji Ganjar dan Mahfud di bidang perlindungan sosial.

Targetkan Tingkat Kemiskinan Turun

Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk memberikan perhatian utama kepada golongan fakir miskin dan anak-anak yang terlantar untuk dipelihara oleh negara. Hal itu dilakukan demi mempercepat pencapaian keadilan dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Pasangan Ganjar-Mahfud juga menegaskan pemerintah akan hadir dan menerapkan perlindungan sosial yang bersifat adaptif. Mereka bertekad menjalankan amanat konstitusi untuk memelihara fakir miskin.

“Fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara adalah amanat konstitusi,” seperti dikutip dari dokumen visi-misi pasangan calon tersebut, pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Pasangan yang diusung oleh PDIP, PPP, Partai Hanura dan Partai Perindo itu menargetkan tingkat kemiskinan turun menjadi 2,5 persen, sementara kemiskinan ekstrem turun menjadi 0 persen.

Mereka mengatakan bakal menjalankan target pengurangan kemiskinan secara jelas dan progresif. Selain itu, percepatan penghapusan kemiskinan dilakukan dengan konvegerensi program pusat dan daerah, serta optimalisasi dana non-APBN.

“Kami bertekad menjalankan amanat tersebut dengan target pengurangan kemiskinan yang jelas dan progresif,” seperti yang ditulis dalam visi misi Ganjar-Mahfud.

Dana Abadi Kesejahteraan Sosial

Selain target penurunan tingkat kemiskinan, Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk meningkatkan jumlah keluarga yang menerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH). Mereka berencana untuk meningkatkan jumlah penerima hingga mencapai 15 juta keluarga, yang sebelumnya hanya 10 juta keluarga yang menjadi penerima manfaat.

Komentar