IAW Laporkan 25 Artis Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun, Ciri-cirinya Sering Bagi-Bagi Duit

JurnalPatroliNews– Jakarta – Indonesian Audit Watch (IAW) melaporkan bahwa setidaknya ada 25 artis yang terlibat dalam kasus pencucian uang mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo, salah satunya berinisial ‘R’.

Dari 25 artis tersebut, tiga orang di antaranya termasuk ke dalam sebuah grup band Indonesia yang cukup populer.

“Yang terkonsolidasi, yang terakses atau terkorelasi langsung atau tidak langsung minimal 25 (artis). Ada tiga band besar juga,” kata perwakilan IAW, Iskandar Sitorus.Terkait hal ini, Guru Besar FEB Universitas Indonesia, Rhenald Kasali pun menjelaskan 10 ciri-ciri bisnis artis yang terlibat dalam pencucian uang.

“Ini ada 10 tanda-tandanya, yang pertama tiba-tiba usaha menjadi besar, yang kedua uangnya easy seakan-akan mudah sekali (mendapatkannya), yang ketiga mereka selalu punya alibi bahwa ini adalah hasil dari usaha,” kata Rhenald Kasali, mengutip unggahan @real.dramahaluu, Senin (3/4/2023).

Selanjutnya, menurut Rhenald Kasali, mereka tidaklah membangun usaha, melainkan kerajaan bisnis. Bahkan dalam waktu singkat.

Berikutnya, pembisnis biasanya akan mengaku bahwa modal mereka berasal dari warisan. Padahal dari sokongan dana pencucian uang.

“Yang berikutnya nomor enam tersembunyi, siapa orang di belakang mereka. Yang ketujuh punya usaha tumbuh menjadi besar tetapi enggak punya keahlian bisnis,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, mereka juga ternyata kerap membagi-bagikan sedekah.

“Kemudian yang ke-8, mereka juga dikelilingi oleh media komunikasi. Yang ke-9, bagi-bagi duit itu sering kali kita lihat. Yang ke-10. tiba-tiba banyak masalah yang muncul di tempat mereka,” tandas Rhenald Kasali.

Komentar