Nasional

Kembali, Pemerintah RI Siapkan 65 Mobil Listrik, Support Para Menteri Negara di KTT ASEAN 2023

Avatar
×

Kembali, Pemerintah RI Siapkan 65 Mobil Listrik, Support Para Menteri Negara di KTT ASEAN 2023

Sebarkan artikel ini
PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi dipilih untuk mendukung mobilitas penyelenggaraan pertemuan negara dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN

JurnalPatroliNews – NTT – Pemerintah Indonesia menggunakan full kendaraan listrik pada ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asean 2023 yang tengah berlangsung di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak kemarin (9/5) dan acara puncaknya pada Kamis (11/5). Salah satu kendaraannya adalah Toyota bZ4X.

Pemerintah membagi tiap jenis mobil untuk masing-masing kegunaan. Khusus untuk mobil ini bakal digunakan untuk ibu negara dan para menteri yang bekerja, termasuk diantaranya Menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menteri dari Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Haji Anwar bin Ibrahim.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

“Akan kita gunakan untuk mensupport kegiatan mulai dari para Menteri negara-negara asing, kemudian para Ibu Negara dan juga delegasi yang lain, saya kira 65 sangat cukup untuk melayani tamu tamu kita,” kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama dalam keterangannya, Rabu (10/5/2023).

Upaya penggunaan kendaraan listrik demi mendukung upaya dekarbonisasi menuju era Carbon Neutrality pada 2060 mendatang.

Apalagi saat ini Indonesia ketua penyelenggara sekaligus tuan rumah ASEAN Summit. Pada ajang KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu, Indonesia juga rajin memajang dan menggunakan kendaraan listrik.

“Ini merupakan kali kedua Toyota bZ4X mendapat tugas kenegaraan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi, sebelumnya di G20 dan kini di ASEAN Summit.

Ini merupakan bentuk kontribusi dan komitmen kami mencapai target netralitas karbon yang telah ditentukan pemerintah lewat mobilitas bebas emisi,” ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Di Indonesia, Toyota Astra Motor (TAM) membanderol mobil ini dengan harga Rp 1,19 miliar dan menjadi salah satu mobil listrik dengan banderol tinggi di RI. Sebagai perbandingan, saingannya Hyundai Ioniq 5 dibanderol dengan harga Rp 748 juta hingga Rp 859 juta.

Secara dimensi, mobil ini memiliki Ground clearance 210mm, tinggi 1.450 mm, panjang 1.450 mm, dan lebar 1.515 mm. Dalam sekali pengecasan, mobil ini bisa menempuh jarak 500km. Toyota mengklaim dalam waktu 30 menit pengisian bisa mencapai 80%.

Penulis: */lkEditor: Muhammad Arya Putra