Kenang Hoegeng Bersepeda ke Kantor, Megawati: He Is The Best!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Kapolri kelima, almarhum Jenderal (Purn) Hoegeng Iman Santoso merupakan sosok polisi terbaik menurut Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Hal itu disampaikan Presiden kelima RI tersebut saat memberi sambutan melalui video yang diputar di acara Launching buku “Dunia Hoegeng, 100 Tahun Keteladanan” dalam rangka memperingati 100 tahun Hoegeng Iman Santoso yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta, Minggu siang (7/11).

Dalam sambutannya, Megawati mengaku bersahabat dengan Hoegeng dikarenakan putrinya Hoegeng merupakan sahabatnya.

“Saya tahu kehidupannya. Saya baru mendapat bukunya untuk mengenang beliau 100 tahun. Menurut saya, he is the best, dari zaman Kapolri kemerdekaan, setelah merdeka,” ujar Megawati seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu siang (7/11).

Hoegeng merupakan sosok yang sangat merakyat. Pada suatu pagi, Megawati mengaku pernah bertemu dengan Hoegeng yang sedang bersepeda ke kantor.

Pertemuan terjadi saat Megawati yang tinggal Jalan Sriwijaya hendak pergi berkuliah ke kampus Universitas Indonesia (UI). Setiap pukul 08.15 Megawati naik mobil menuju kampus Psikologi UI.   

“Terus tahu-tahu ketemuan tuh. Dia sudah tahu mobil saya, dari jauh dia naik apa? Naik sepeda loh. Mana ada Kapolri naik sepeda kayak dia,” ujarnya.

Hoegeng, sambung Megawati, tampak cuek dengan cibiran orang. Dia juga tidak malu bersepeda walaupun sudah sekelas kapolri.

“Jadi kita minggir dulu, “om mau kemana?”. “Mau ke kantor”. “Masak Kapolri naik sepeda”. “Ya biar saja, ini kan sekalian olahraga”. Itu menurut saya Pak Hoegeng,” tutup Jokowi. 

Komentar