Kontroversi! Tolak Israel Ikut Piada Dunia U-20, Ketum Muhammadiyah Minta: Pemerintah Bersikap Konsisten!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 menuai reaksi beragam dari berbagai kalangan masyarakat. Sebagian besar, menyatakan desakan agar kedatangan Israel di Indonesia ditolak. Begitu juga dikatakan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir. Dia meminta negara bersikap konsisten sesuai amanat konstitusi.

Menurutnya, dalam ajang internasional apapun, termasuk gelaran turnamen sepak bola sedianya sejalan antara penyelenggaraannya dan ideologi politik negara tuan rumahnya.“Baik sepak bola maupun urusan-urusan lain itu harus dalam satu kesatuan sistem dengan kebijakan negara,” kata Haedar di Yogyakarta, Selasa (14/3).

Haedar menegaskan, sejauh yang ia ketahui bahwa Indonesia masih memiliki sebuah ideologi politik yang anti dengan imperialisme dan kolonialisme. Hal itu, kata dia, juga berdampak pada urusan-urusan diplomatik negara.

“Sejauh negara itu masih punya kebijakan antiimperialisme, antikolonialisme, lalu tidak punya hubungan diplomatik dengan satu negara, yang lain itu harus menyesuaikan. Akibat tidak menyesuaikan, lalu terjadi masalah,” tandasnya.Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Ketua bidang Hubungan Luar Negeri, Sudarnoto Abdul Hakim, Selasa (14/3), menyatakan jika kehadiran timnas Israel cukup sensitif mengingat masih terjadinya represi yang dilakukan oleh negara tersebut kepada rakyat Palestina.

“Pemerintah dan para pejabat tinggi termasuk PSSI seharusnya mencontoh Presiden Sukarno yang tegas dan berani menolak kehadiran kontingen Israel di event Asian Games tahun 1962, karena Israel adalah penjajah,” kata Sudarnoto.

“Meskipun harus keluar dari IOC, akan tetapi dengan penolakan ini Indonesia saat itu justru memperoleh posisi politik yang diperhitungkan secara internasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyebut keamanan timnas Israel di Piala Dunia U-20 merupakan domain atau urusan pemerintah RI. Erick menegaskan jika PSSI hanya berfokus dalam penyelenggaraan acara.
Menanggapi Erick, Menko Polhukam RI, Mahfud MD menyebut keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang menuai pro kontra sudah diantisipasi Pemerintah RI.

“Sudah dibahas dan disiapkan semua jalur. Politik, diplomatik, keamanan, dan sebagainya sudah dibicarakan. Ditunggu aja nanti dirundingkan,” kata Mahfud di kampus UII, Sleman, DI Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Komentar