Lantunan Azan Pria di Masjid Hawaii Terdengar Unik, Warganet Salfok: Kayak Senandung Jawa

JurnalPatroliNews – Jakarta – Video seorang muslim yang diduga merupakan penduduk Hawaii mengumandangkan azan sedang ramai di media sosial. 

Warganet menyoroti irama azan yang terdengar unik dan beda dari biasanya. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh keberagaman budaya masyarakat setempat.

Dilansir dari unggahan video oleh pemilik akun TikTok @encik.mastermind pada Senin (27/32023), tampak seorang pria berambut panjang dan diikat rapi tengah berdiri di atas hamparan sajadah untuk melantunkan azan di salah satu masjid.

Mendadak video pria Muslim di Hawaii yang sedang mengumandangkan panggilan salat itu kini viral di media sosial (medsos). Banyak warganet terkagum-kagum menyaksikan video dan mendengar irama merdu pria bertubuh kekar tersebut.

Sebagian warganet ada yang beranggapan bahwa lantunan azan pria tersebut seperti senandung Jawa.

Saking merdunya suara pria itu sehingga para jemaah yang sedang duduk di sekitarnya ikut terkesima mendengar suara azan yang dilantunkan.

“Azan versi Hawaii. Semoga Allah terima azan yang sangat cantik (indah) ini,” demikian keterangan yang ditulis pengunggah pada video di akun TikToknya tersebut.

@encik.mastermind

Azan versi Hawai. Semoga Allah terima azan yang sangat cantik ini ♬ سبحان الله – Ali Dawud

Video azan versi Hawaii berdurasi 2 menit 2 detik ini membuktikan bahwa setiap negara dan daerah tentu memiliki irama tersendiri dalam melantunkan azan. Jika didengar dengan seksama, suara azan pria berjenggot lebat tersebut seperti tembang Jawa masa dulu.

Dugaan ini sesuai dengan komentar warganet terhadap video azan di Hawaii tersebut.

“Mirip azan orang Jawa dulu. Soalnya itu sama kayak nada nembang-nembang di Jawa,” tulis @aldp***

“Ingat pas Subuh-Subuh yang azan sudah sepuh (tua), pasti kayak tembang Jawa. Adem dengarnya,” ujar @uraa***

“Kayak azan di musala dekat rumahku. Ada bapak-bapak yang azannya kayak dalang gitu, tembang kejawen,” ucap @myden***

“Alhamdulillah. Zaman sekarang kita dapat melihat berbagai cara penyampaian azan dari berbagai bangsa, macam-macam jenis hamba Allah, dan muslim dari seluruh dunia,” kata @kayma***

Komentar