Lokakarya Rekomendasi Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas XIV 2021

Dicky menambahkan, hasil dari penyelenggaraan ini khas dan kental dengan konteks pandemic sehingga sangat kaya dengan pembelajaran dari berbagai komunitas yang terlibat. 

Senada dengan yang disampaikan, Petra Wacana selaku Ketua Panitia Penyelenggaraan Konferensi Nasional PRBBK XIV tahun 2021 mengusung tema besar “Refleksi dan Penguatan Strategi PRBBK dan Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia” dengan tujuan (1) Pendokumentasian pengetahuan dan praktek-praktek baik PRBBK di Indonesia, (2) Penguatan Jejaring Gerakan PRBBK di Indonesia, (3) Pemuthakiran pendekatan, pengetahuan, dan praktek PRBBK, dan (4) Pengembangan PRBBK sebagai strategi percepatan penanganan COVID-19, pemulihan ekonomi nasional dan membangun ketangguhan masyarakat. 

Deputi Bidang Pencegahan mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya konferensi ini. Prasinta menyampaikan bahwa kehadiran para peserta merupakan salah satu bentuk komitmen, semangat dan kepedulian bersama terhadap pengurangan risiko bencana. 

Konferensi nasional ini dilaksanakan melalui proses refleksi PRBBK di 9 region, yaitu Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, dan 20 sub-region yang mewakili seluruh wilayah propinsi di Indonesia telah menghasilkan rekomendasi-rekomendasi kertas posisi yang mengangkat isu dan persoalan PRBBK sesuai dengan karateristik wilayahnya.

Sejauh ini, hasil refleksi yang digunakan sebagai perumusan kertas posisi bersama memuat 24 butir rekomendasi untuk melakukan penguatan (1) Tata Kelola PRBBK di Indonesia, (2) Pemuthakiran Praktek dan Kemitraan PRBBK yang kuat, dan (3) Peningkatan mutu kualitas PRBBK yang berkelanjutan. 

Pada akhirnya, langkah-langkah strategi dapat mewujudkan kedaulatan, kebermanfaatan, kemandirian, keberlanjutan, dan penyebarluasan praktek-praktek PRBBK di Indonesia, khususnya wilayah yang rawan terhadap ancaman dan bencana. 

Komentar