Menunggu Kepastian Vaksin Booster, Menko Bidang Perekonomian: Dijadwalkan Tahun 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Kepastian Vaksin ketiga atau Booster masih belum diketahui kapan waktunya, masyarakat banyak yang berharap apalagi dengan mulai masuknya Varian Omicron di Indonesia. Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, menyatakan seputar perkembangan Vaksin Booster yang dijadwal mulai dilakukan pada awal Tahun 2022.

Penerima Program Vaksinasi Dosis Lanjutan (Booster Program), yang diutamakan adalah Tenaga Kesehatan (Nakes), Tenaga Penunjang yang bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), Lansia, dan Masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Program Vaksin Dosis Lanjutan (Booster Program), juga masih menunggu Laporan dan Rekomendasi Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) pada 10 Januari 2022,” kata Airlangga,  Jakarta, Senin (27/12).

“Kemudian EUA dan Fatwa MUI diperkirakan pada Q3 2022, Vaksin kerja sama Eijkman – Bio Farma masih dalam tahap Uji Pra-Klinis dan menunggu fasilitas CPOB industri, EUA dan Fatwa MUI diperkirakan pada Q4-2022, Vaksin kerja sama Bio Farma – Baylor College of Medicine (Vaksin BUMN), Uji Klinis 1 sudah mulai 13 Desember, EUA dan Fatwa MUI diperkirakan selesai di Juli 2022, sudah terdaftar di WHO Emergency Use of Listing pada 8 Juni 2021, kapasitas produksi 75 – 150 Juta Dosis pada juni – Desember 2022,” ungkapnya.

Komentar