PAN Dorong Zulhas Maju Pilpres 2024 Tapi Masih Terganjal Ambang Batas

JurnalPatroliNews Jakarta – Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mendorong ketua umumnya, Zulkifli Hasan (Zulhas) maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“PAN akan berjuang mencalonkan kader partai terbaik, Ketum (Ketua Umum) PAN, Bang Zulkifli Hasan untuk dapat maju di pilpres,” kata Wakil Ketum PAN, Viva Yoga Mauladi saat dihubungi wartawan, Senin (11/10).

Viva Yoga mengakui PAN tak bisa langsung mengusung Zulkifli sebagai capres. Sebab, PAN belum memenuhi syarat ambang batas untuk bisa mencalonkan presiden dan wakil presiden sendiri.

PAN hanya memiliki 6,84 persen suara nasional. Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden, yaitu 20 persen suara nasional.

PAN membuka komunikasi dengan partai lain. Komunikasi ini dilakukan untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden.

“Kita akan memonitor perkembangan dan dinamika politik ke depan,” ujarnya.

Selain berusaha menyodorkan Zulkifli, PAN saat ini fokus menata organisasi partai secara modern. PAN juga akan membantu pemerintah dalam percepatan program pemulihan ekonomi nasional.

“Serta melaksanakan kegiatan kemanusiaan kepada masyarakat dengan pembagian sembako dan vaksinasi gratis,” pungkasnya.

Komentar