Penghargaan ‘Global Citizen Award’, Guru Besar UI Puji Peran Jokowi di Panggung Dunia

JurnalPatroliNews – Jakarta – Baru-baru ini Presiden Joko Widodo alias Jokowi mendapatkan penghargaan ‘Global Citizen Award’ dari lembaga think-tank Atlantic Council, yang berbasis di Amerika Serikat dalam rangkaian Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (SMU PBB) beberapa waktu lalu.

Penghargaan tersebut diberikan setiap tahunnya bagi para pemimpin negara maupun figur-figur individual yang dianggap telah memberikan kontribusi besar bagi kemanusiaan, dan Presiden Jokowi dinilai memiliki peran besar dalam menjembatani dialog untuk mengakhiri perang di Ukraina.

Menanggapi hal ini, Pakar Hubungan Internasional Iniversitas Indonesia (UI) Prof Evi Fitriani mengapresiasi peran Presiden Jokowi di panggung dunia. Salah satunya, mengunjungi Ukraina dan Rusia dengan misi perdamaian. Langkah Presiden ini diakui sebagai satu langkah yang berani, karena kondisi Ukraina masih dalam perang dan sangat berbahaya bagi keselamatan.

“Terus terang waktu beliau (Jokowi) pergi ke Ukraina, saya termasuk yang surprise juga bahwa Presiden berani melakukan itu pergi ke zona perang, itu kan negara sedang berperang, bawa istrinya pula berarti ini kan memang bisa menempuh bahaya, itu kan bisa kena pelurunyasar dan sebagainya,” kata Prof Evi saat dihubungi, Sabtu (24/9).

Gurus Besar Hubungan Internasional perempuan pertama di Indonesia itu memuji keberanian Jokowi dan membuat dirinya takjub dengan keputusan tersebut.

Padahal, ada negara-negara Eropa yang dekat dengan Rusia dan Ukraina yang bisa datang berdialog untuk mengakhiri peperangan. Tetapi itu tidak terjadi dan Presiden Jokowi yang melakukan hal tersebut.

“Saya termasuk yang apresiasi dengan langkah tersebut, bahwa Presiden bisa sampai ke situ dan saya pikir banyak yang surprise juga dari seluruh dunia. Pemimpin Eropa bisa lakukan itu karena wilayah dekat situ, sementara ini kan jauh jauh dari Indonesia,” ucapnya.

Komentar