Persepsi Publik Terhadap Legislatif Mengkhawatirkan, Pimpinan MPR RI Berharap Perbaikan Muncul dari Legislator Muda Berintegritas

JurnalPatroliNews – Jakrta – Upaya mengubah persepsi lembaga legislatif agar menjadi lebih baik harus dilakukan dari dalam. Karena itu diperlukan anggota lembaga legislatif yang memiliki kompetensi dan hati nurani.

Begitu disampaikan Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, yang terus mendorong kemunculan legislator muda berkualitas dan berintegritas di tengah era pandemi Covid-19 saat ini.

“Perlu partisipasi aktif orang-orang muda yang memiliki kompetensi dan hati nurani untuk mempersiapkan diri masuk ke lembaga legislatif dalam rangka memperbaiki citra lembaga tersebut,” kata Lestari, Senin (1/11).

Sebab, menurut legislator dari Fraksi Nasdem ini, persepsi publik terhadap partai politik dan lembaga legislatif saat ini masih di bawah titik nadir.

“Tugas kita bersama untuk terus berupaya meningkatkan citra lembaga legislatif lewat peningkatan realisasi tugas dan fungsi lembaga yang berisi para wakil rakyat itu,” imbuh Reri, sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, lembaga legislatif harus mampu menyerap berbagai aspirasi publik untuk kemudian berupaya untuk merealisasikannya lewat tugas dan fungsi yang diamanatkan konstitusi.

“Untuk menyerap dan mendorong aspirasi masyarakat itu, DPR dan DPRD harus diisi dengan para wakil rakyat yang memiliki kompetensi dan hati nurani,” ucap Reri.

Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem ini melanjutkan, menyerap aspirasi masyarakat tersebut penting dilakukan agar lembaga legislatif di masa depan bisa diisi oleh para wakil rakyat yang memiliki kompetensi.“Saya berharap, generasi muda bisa memahami proses-proses legislatif dalam tata kelola bernegara, sejak dini.

Berbagai upaya meningkatkan literasi para generasi muda terkait proses legislatif sangat diharapkan, sebagai upaya mengakselerasi perbaikan kinerja lembaga legislatif di masa datang,” tutupnya. 

Komentar