Prabowo Subianto Dinilai Cocok Berpasangan dengan Puan Maharani di Pilpres 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta  Sosok calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo tahun 2024 mendatang terus menjadi perbincangan.

Salah satu nama yang digadang menjadi kandidat capres adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Menteri Pertahanan itu dinilai cocok berpasangan dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

Penilaian itu disampaikan Direktur Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara. Menurut Igor, keduanya cocok berpasangan ditinjau dari usia, mereperentasikan tua dan muda.

Kemudian dari jenis kelamin, pria dan wanita, serta ditinjau dari latar belakang militer dan sipil. Keduanya dimungkinkan berpasangan, jika Gerindra berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pemilu 2024.

“Prabowo-Puan Maharani, pasangan ini paling mungkin diwujudkan dan cocok. Karena faktor usia (tua-muda), jenis kelamin (pria-wanita), serta latar belakang militer-sipil,” ujar Igor, dalam keterangannya, Kamis (10/6).

Sementara, saat ditanya siapa dari keduanya yang akan duduk sebagai calon presiden dan calon wakil presiden, Igor belum dapat memprediksi.

Karena masing-masing punya kelebihan tersendiri untuk ditempatkan sebagai capres.

“Salah satu kendala dari pasangan ini adalah pandangan bahwa PDIP sebagai parpol pemenang pemilu dengan 128 kursi di parlemen apa mau memposisikan kandidatnya di posisi RI-2. Jawabannya tentu bisa, mengingat elektabilitas Prabowo jauh lebih tinggi, begitu juga dengan pengalamannya,” ucap Igor.

Igor mengatakan, bisa saja nantinya dilakukan redefinisi ulang Perjanjian Batu Tulis, terkait siapa yang akan menjadi cawapres dan siapa yang akan menjadi capres.

Pandangan senada juga dikemukakan Sekretaris Jenderal Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI) Arip Nurahman.

Ia menilai, jika Prabowo nantinya maju sebagai capres, maka Puan adalah pasangan duet yang ideal. Karena memiliki berbagai pengalaman di tingkat nasional.

“Jika Pak Prabowo disiapkan jadi capres, maka Mbak Puan adalah pasangan yang pas untuk mendampingi sebagai cawapresnya, usia Mbak Puan relatif muda. Namun sarat dengan pengalaman,” ujarnya.

Arip kemudian memaparkan keberhasilan Puan selama ini. Antara lain sukses menjalankan tugas sebagai menteri koordinator pembangunan manusia dan kebudayaan. Selain itu, pengalaman sebagai anggota DPR dan kini duduk menjadi Ketua DPR.

“Kami melihat Mbak Puan selalu terasa kehadirannya setiap saat sebagai pimpinan DPR,” kata Arip

Komentar