Puan Maharani: Tombol Bahaya Harus Dinyalakan untuk Kondisi Darurat Ini

  • Whatsapp
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Dok Istimewa)

JurnalPatroliNews Jakarta – Ketua DPR RI, Puan Maharani mendesak pemerintah segera meningkatkan upaya pengendalian Covid-19 yang hingga kini belum bisa dikendalikan.

“Tombol bahaya harus dinyalakan untuk kondisi darurat ini dan meningkatkan kesadaran akan bahaya lonjakan kasus covid-19,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (21/6).

BACA JUGA :

Dikatakan Puan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB) salah satu cara untuk mengendalikan penyebaran virus. PSBB dapat diterapkan di zona merah penyebaran Covid-19.

Sedangkan daerah lainnya memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro. Langkah ini diharapkan mampu menekan laju penularan Covid-19.

“Pemerintah harus segera bertindak untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan,” ucap Puan.

Politikus PDI Perjuangan itu menyebut, ledakan kasus Covid-19 di Pulau Jawa semakin mengkhawatirkan karena banyaknya mobilitas penduduk. Penerapan protokol kesehatan juga belum optimal.

Putri Presiden ke-5 itu menegaskan, pemerintah memiliki kewenangan mengambil langkah pembatasan sosial atau bahkan lockdown untuk mengatasi pandemi. Ini sesuai dengan Undang-Undang No 6 tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

“Arah kebijakan dari pemerintah pusat secepat mungkin sangat diperlukan mengingat sebaran Covid-19 di berbagai daerah (lintas daerah),” tandas Puan.

Pos terkait