RI-Timor-Leste Sepakat Kerja Sama Kembangkan Kapasitas Koperasi dan UMKM

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama Kementerian Koperasi Republik Demokratik Timor-Leste/Secretary of State for Cooperatives (SECoop) from Timor-Leste sepakat bekerja sama dalam pengembangan kapasitas koperasi dan UMKM.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) terkait pengembangan kapasitas koperasi dan UMKM antara kedua negara yang ditandatangani di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menjelaskan, tujuan dari MoU tersebut adalah agar kedua negara dapat bertukar pengalaman dan bekerja sama dalam pengembangan ekonomi kerakyatan khususnya koperasi dan UMKM. Sekarang ini dalam perkembangan ekonomi global pertumbuhan ekonomi tidak lagi di satu negara tetapi kawasan.

“Kami berkepentingan dengan Timor-Leste untuk tumbuh bersama. Karena kita punya kekuatan di sektor agriculture dan aquaculture.” kata MenKopUKM Teten Masduki setelah menandatangani Memorandum Saling Pengertian/Memorandum of Understanding (MoU) KemenKopUKM dengan Kementerian Koperasi Republik Demokratik Timor-Leste tentang Pengembangan Kapasitas Koperasi dan (UMKM)

MenKopUKM mengatakan, lingkup kerja sama MoU ini mencakup kesepakatan kedua negara untuk secara bersama-sama mengembangkan capacity building, kemitraan antar koperasi, feasibility study terkait pengembangan potensi bisnis koperasi dan UKM, pelatihan dan exchange visit, serta penguatan program UKM dan koperasi melalui kerja sama regional.

Kerja sama ini kata Teten, akan membuka kesempatan luas bagi koperasi dan UMKM di kedua Negara untuk saling belajar, saling bertukar informasi dan dapat berkembang lebih baik lagi.

“Kita belajar bersama-sama, learning together, growing together. Sehingga nanti kerja sama ini semakin mempererat hubungan kedua negara,” katanya.

Ke depan, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Timor Leste diharapkan secara bersama-sama dapat melakukan evaluasi pada sektor tertentu yang dapat dikembangkan oleh koperasi dan UKM, yang akan semakin memperkuat kerja sama kedua Negara.

Komentar