Satgas Covid-19 Khawatir Terjadi Teori Pingpong dari Sumatera

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Satgas Penanganan Covid-19 mengkhawatirkan terjadi penularan yang masif setelah momen arus balik Idul Fitri 2021. Pasalnya, saat ini terpantau Pulau Sumatera memiliki lonjakan signifikan kasus Covid-19. 

Menurut Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi, arus balik bisa menjadi momentun penyebaran virus Covid-19 di kota-kota besar.

“Ini yang kami khawatirkan teori pingpong dari Jawa ke Sumatera, Sumatera ke Jawa dan seterusnya. Makanya kami melakukan berbagai upaya mitigasi ada potensi kenaikan tetapi kami menahan laju kenaikan itu sebisa mungkin,” katanya dalam diskusi daring bertajuk Varian Baru Covid-19, Sabtu (22/5).

Satgas Covid-19 mencatat bahwa Pulau Sumatera menjadi salah satu wilayah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 tertinggi pascalibur lebaran Idulfitri 2021.

“Paling penting dari data itu, Sumatera mengalami lonjakan kasus. Terutama di Riau, Kepri, Bangka Belitung, kami lihat juga di Aceh, Sumbar,” ujar Sonny.

Dia menjelaskan, yang menjadi faktor penyebab kasus tinggi Covid-19 di Pulau Sumatera, yakni penerapan protokol kesehatan (prokes) yang mulai kendor dan tingginya mobilitas warga.

“Jadi, prokes masyarakat itu hampir turun dalam sebulan terakhir dan mobilitasnya naik. Dua hal ini cenderung menyebabkan terjadinya kenaikan kasus Covid-19,” pungkas Sonny. (jpnn)

Komentar