Satgas Damai Cartenz Bantah TNI-Polri Serang KKB yang Sandera Pilot Susi Air

JurnalPatroliNews – Jakarta – TNI-Polri masih berupaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mehrtens yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. Pilot asal Selandia Baru itu disandera usai pesawatnya dibakar KKB di Bandara Paro (perintis), 7 Februari 2023.

Setalah hampir dua bulan penyanderaan itu, media asing Selandia Baru mengabarkan TNI-Polri melakukan penyerangan ke KKB yang menyandera Phillip. Serangan itu membuat jatuh korban di ke dua pihak.

Namun, hal itu dibantah oleh Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Donny Charles Go. Satgas Damai Cartenz merupakan tim gabungan TNI-Polri yang bertugas untuk melawan KKB.

“Tidak benar info itu,” kata Donny, Minggu (2/4), saat dikonfirmasi terkait serangan yang dilakukan TNI-Polri.

Donny menuturkan pihaknya hingga kini masih melakukan penelusuran lokasi Philip disandera.

“Masih dilakukan upaya pencarian,” ujar Donny.

Sebelumnya, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyebut pihaknya berhati-hati dalam upaya pembebasan Philip. Sebab korban dibawa KKB tinggal bersama penduduk setempat dan selalu berpindah-pindah lokasi, sehingga operasi pembebasan tak bisa dilakukan dengan penyerbuan. Hal itu dilakukan agar masyarakat sipil tidak menjadi korban.

“Sampai saat ini masih belum diketemukan tapi operasi tetap jalan terus untuk penyelamatan sandera itu. Karena apa, karena kita tetap menjaga supaya masyarakat sipil tidak terlibat, tidak kena,” ujar Yudo di Mabes TNI, Rabu (8/3).

Komentar