Nasional

Sejumlah Pejabat Punya Kekayaan Tak Lazim, Puan Ingatkan Dewan Soal Integritas

Avatar
×

Sejumlah Pejabat Punya Kekayaan Tak Lazim, Puan Ingatkan Dewan Soal Integritas

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta –Kasus sejumlah pejabat yang memiliki harta kekayaan tidak lazim disorot Ketua DPR RI Puan Maharani dalam pembukaan masa sidang ke-18 DPR RI, Senayan, hari ini Selasa (14/3).

Para anggota dewan diingatkan bahwa masyarakat menaruh perhatian penuh terhadap kinerja elite pemerintahan.“Saat ini, dengan kemajuan teknologi informasi komunikasi, rakyat dapat selalu melihat dan memantau segala bentuk kegiatan pejabat negara.

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Baik kegiatan dalam menjalankan tugas maupun kegiatan di luar tugas, bahkan rakyat melalui pemantauan di media sosial juga mengamati ruang kehidupan pribadi dan keluarga,” kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Oleh karena itu, pejabat negara diminta untuk bijak dalam bersikap, sekalipun di ranah pribadi. Sebab, kata Puan, pejabat sebagai penyelenggara negara memiliki tanggung jawab moral kepada rakyat.“Pejabat negara selalu dituntut untuk memiliki integritas yang tinggi, yang diperlihatkan dengan ketaatan pada aturan, bermartabat, menjalankan prinsip-prinsip kejujuran, transparan, dan tanggung jawab,”katanya.

Menurutnya, mengemukanya kasus oknum di lingkungan Kementerian Keuangan yang memiliki kekayaan tidak sesuai dengan profil jabatannya merupakan indikasi adanya oknum-oknum yang tidak berintegritas dalam menjalankan tugasnya.Mengemukanya kasus tersebut, diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh aparatur negara untuk dapat memperkuat praktik integritas yang diwujudkan mulai dari kedisiplinan individu-individu, bisnis proses, dan peringatan dini. Puan mengatakan hal itu berlaku di seluruh kementerian/lembaga.

“DPR RI juga ikut memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga integritas, kehormatan dan kedudukan sebagai anggota DPR RI dalam menjalankan kedaulatan rakyat,”demikian Puan.

Penulis: */lkEditor: Muhammad Arya Putra