Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP: Peranan Mengaplikasikan Pancasila Bisa Diwujudkan Secara Nyata Lewat KKN

“Ini harus disampaikan kepada masyarakat secara bergotong royong agar menjadi budaya yang berlaku di masyarakat.kuncinya kita harus bergotong royong antara umaha dengan jejaring panca mandala. Selain itu kita harus bertoleransi dengan agama lain didaerah, merawat tradisi yang ada dgn gotong royong “,Tutup Prakoso dalam paparannya.

Selanjutnya dalam Paparan Kedua Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Romo benny menekankan peranan mahasiswa dalam aplikasi Pancasila bisa menjadi wujud nyata lewat KKN Umaha 2022.Nilai Pancasila bisa diaplikasikan lewat modal tertentu.Modal social masyarakat desa yang guyub, gotong royong menjadi kekuatan dalam memajukan perekonomian desa.Modal Simbolik yakni nilai-nilai gotong royong menjadi spirit memajukan desa dengan berbasis kekuatan budaya local.”Mereka (mahasiswa) memiliki kekayaan intelektual yakni ilmu pengetahuan,manajemen,ekonomi,maupun teknologi. tidak hanya dilihat dengan uang tetapi dengan memiliki bakat dan minat, kekuatan membangun relasi komunikasi, memiliki kepribadian nilai keislaman serta mempunyai kekuatan untuk merangkul masyarakat dan menjalankan visi kampus dijadikan sebagai acuan kerja nyata”,Ujar Benny

Lebih lanjut Benny mengatakan bahwa Nilai Pancasila yang menjadi acuan kita juga salah satu hadiah dari para ulama, Pancasila merupaka  suatu kompromi dari 1 juni sampai 17 Agustus. “Kita menjadi kokoh ini karena menghilangkan dekat agama dan ekslusivitas. Bagi gusdur pancasila dipahami menjadi living ideology dan working ideology lewat kerja nyata mahasiswa mewujudkan kesejahteraan lewat teknologi tepat guna. Adalah menguasai ilmu pengetahuan sehingga itu bisa diimpowering menjadi sumber daya yang dimiliki itu menjadi tantangan kita bagaimana pancasila itu  nantinya menajdi working ideology bangsa untuk menciptakan kesejahteraan dan desa nenjadi sejahtera”Jelas Benny.

Komentar