Tokoh PDIP Sekelas Puan Lewat, Cuma Ganjar yang Bisa Lawan Anies

JurnalPatroliNews Jakarta – Kekuatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan makin tinggi jelang pencalonan presiden di Pilpres 2024. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai penguasa pun bisa ketar-ketir melihat kekuatan di belakang Anies Baswedan.

Merespons hal itu, Peneliti Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menilai, sosok yang tepat di PDIP untuk melawan Anies Baswedan ialah Ganjar Pranowo. Menurut dia, Gubernur Jawa Tengah itu memiliki peluang lebih tinggi melawan Anies Baswedan daripada Puan Maharani.

“Jika PDIP mengusung Ganjar, akan lebih kompetitif ketika lawannya Anies Baswedan,” jelas Catur Nugroho kepada GenPI.co, Kamis (24/6).

Catur Nugroho menjelaskan, peluang tersebut terjadi lantaran keduanya memiliki kesamaan menekuni jabatan di pemerintahan. Selain itu, baik Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan memiliki jumlah pendukung yang cukup tinggi di Indonesia.

“Ganjar dan Anies sama-sama berpengalaman menjadi kepala daerah sebagai gubernur,” jelasnya.

Selain itu, Catur membeberkan, bila keduanya bersaing di Pilpres 2024 akan makin kompetitif. Sebab, Ganjar dan Anies merupakan lulusan Universitas Gadjah Mada yang tergabung ke dalam Kagama. Kagama merupakan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang memiliki peran dan suara yang cukup solid.

“Jadi, persaingan Ganjar dengan Anies yang sama-sama alumni UGM (Kagama) akan lebih kompetitif,” pungkasnya.

 

Komentar