Waspada! Gunung Semeru Ngamuk, 2 Kecamatan Tertutup Awan Hitam

JurnalPatroliNews – Lumajang, – Gunung Semeru yang terletak di Wilayah Kabupaten Lumajang, sejak Kamis malam (3/12) sekitar jam 00.00 hingga 01.00 mengalami beberapa kali letusan Lava Pijar. Semeru meletus dengan mengeluarkan gulungan awan panas yang membuat warga panik dan suasana mencekam. Masyarakat berlarian ke jalan menjauh dari arah gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Thoriqul Haq, Bupati Lumajang, menyebutkan, di Lumajang sejak Sabtu siang (4/12) terjadi hujan deras. “Yang kita pastikan ada dua kecamatan, yakni Pronojiwo dan Candipuro keadaannya sudah gelap. Kita sedang pantau terus di lapangan,” ujarnya kepada wartawan.

“Tetapi tadi pagi masih aman-aman saja. Tapi siang ini betul-betul keadaan di dua kecamatan sampai gelap usai diguyur hujang. Sekarang awan gelap masih terjadi,” sambungnya.

Dalam rekaman video amatir yang beredar. Warga berusaha menyelamatkan diri dan mengungsi dari rumah mereka. “Ya Allah, Allah Akbar. Ya Allah,” teriak salah seorang warga dalam video yang ketakutan sambil berlari menghindari awan panas.

Komentar