Misteri Tanda Ayam Berkokok

Oleh: KRH Gus Ripno Waluyo, SE, SP.d, S.H, C.NSP, C.CL, C.MP

Biasanya ayam di pelihara dan di jadikan pertanda apapun oleh pemilik nya. Dan orang zaman dahulu sangat senang memilihara ayam jago dan sebagai tanda kalau pemilik seorang priyayi atau bangsawan dari keraton atau kalangan pejabat di masa dahulu.  Ayam jago pasti di taruh di depan pendopo dan suara kokok nya sangat di perhatikan dan sebagai penanda ada tamu gaib atau orang biasa.

Dalam ajaran agama Islam, bunyi ayam berkokok di tengah malam dapat menandakan bahwa terdapat malaikat yang datang dihadapanmu maupun hanya sekedar lewat saja. Ayam dalam kepercayaan umat Isalam menjadi salah satu ungags yang memiliki kemampuan istimewa, terutama dalam melihat sosok malaikat.

Berkokok Jam 6-9 Malam bahwa dikampung tersebut akan muncul fitnah, ada macam fitnahnya biasanya selang beberapa ayam jantan itu berkokok. Biasanya yang dilihat ayam tersebut adalah turunnya Dewi Sri turun ke kampung penduduk sekitar. atau Ini merupakan Dewi keberuntungan, dewi kemakmuran, yang mendatangkan kejayaan.

Yang sudah di titeni oleh nenek moyang kita, berkokok Jam 9-10 Malam akan timbul aib ada gadis atau janda yang hamil diluar nikah, selang beberapa hari akan ketahuan aibnya. Menurut kitab Primbon Jawa kuno, ternyata ayam yang berkokok pada malam hari punya arti tertentu.

Ini merupakan pertanda kalau di kampung yang bersangkutan akan muncul fitnah. Biasanya selang beberapa hari, setelah ayam jantan berkokok sehabis Maghrib sampai sembilan malam, akan muncul fitnah di kampung tersebut.

Arti dari suara ayam tersebut tergantung pada waktunya, secara logika jika malam hari adalah waktunya ayam untuk tidur. Tetapi ayam memiliki rasa sensitif tinggi sehingga jika ada sesuatu yang ganjil Makhluk halus di sini.

Bisa berupa kiriman dari orang yang membenci kita atau makhluk halus dari tempat tertentu yang berkeliaran di kampung itu tadi. Makna dan arti ayam berkokok ini dapat dipahami dengan memperhatikan waktu di mana ayam tersebut berkokok.

Hal ganjil maka ayam akan berkokok walaupun itu pada malam hari yang menunjukan adanya ketidak normalan di lingkungan sekitar. Tempat ayam itu dan pemiliknya tinggal.

Hal ini selaras dengan apa yang tertera dalam ilmu Titen Jawa, sebagaimana dicantumkan dalam kitab Primbon Jawa kuno.

Biasanya ayam-ayam tersebut melihat makhluk halus. Makanya simbah-simbah Jawa menanggapi hal ini dengan berdoa. Anak-anak kemudian disuruh untuk berdoa supaya terhindar dari gangguan makhuk halus yang usil dan jahil.

Ayam berkokok Pukul 3-6 Pagi, Yang terakhir, apabila ayam berkokok pukul tiga sampai enam pagi, ini menandakan turunnya Dewa Surya. Yakni fajar yang menyingsing.

Demikianlah pertanda atau arti dari ayam berkokok pada malam hari menurut kitab Primbon Jawa kuno. Dengan doa tersebut, maka orang-orang akan terhindar dari bala dan energi negatif yang ditimbulkan oleh makhluk halus.

*) Tokoh Spiritualis, Budayawan, Pengacara Peradi Perjuangan

Komentar