Peringatan Peneliti : Awas Waspadai Pusaran Angin di Atas Laut Jawa

Menurut Erma, vorteks Borneo yang berpotensi terbentuk mungkin awalnya dari utara Kalimantan, namun kemungkinan akan menjauh ke utara pula hingga perlahan melemah.

Sementara itu, vorteks Laut Jawa yang pada saat ini terbentuk di bagian timur sebelah utara Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, yang berpotensi tumbuh semakin membesar, meluas, dan menguat.

“Selama pembentukan dan tahap kematangannya, bercampur angin kencang dan dapat terjadi di sejumlah kawasan khususnya di daratan Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, serta di Laut Jawa,” kata Erma lagi.

Oleh karena itu ada faktor yang perlu menjadi perhatian, menurut dia, yaitu pusat vorteks di atas laut.

Karena itu pusat konveksi yang dicirikan dari liputan awan dan proses pertumbuhan awan-awan konvektif terjadi massif dan terkonsentrasi di atas Laut Jawa.

Selain itu, berdasarkan data dari Satellite-based Disaster Early Warning System (Sadewa) milik Pusat Riset dan Teknologi Atmosfer-BRIN, vorteks Laut Jawa berpotensi semakin membesar dan meluas menjangkau beberapa kawasan sekaligus. “Seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara,” ujarnya.

Angin kencang dan akan ada peningkatan hujan yang dapat terjadi secara intensif di wilayah tersebut.

Meski demikian, lanjut Erma, untuk prediksi terhadap dinamika atmosfer harus terus diperbarui karena gangguan yang terjadi di atmosfer sangat berpotensi menimbulkan tingkat ketidakpastian semakin besar terhadap hasil prediksi cuaca, terangnya.

Komentar