Airlangga Ucapkan Selamat Ke Ganjar, Terbaik Soal Penyaluran KUR

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali menerima penghargaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award dan Penyaluran KUR untuk UMKM tahun 2022. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang dia pimpin mendapatkan peringkat pertama untuk kategori daerah dengan strategi terbaik dalam pencapaian penyaluran KUR.

“Juara pertama Provinsi Jawa Tengah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara Penganugerahan KUR Award dan Penyaluran KUR untuk UMKM yang dihelat di Pos Bloc, Gedung Filateli, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (9/8/2023).

Ketua Umum Partai Golkar itu mengucapkan selamat kepada Ganjar. Dia mengatakan dengan penghargaan ini, berarti Jawa Tengah sudah tiga tahun berturut-turut menjadi pemenang pertama untuk kategori strategi penyaluran KUR.

“Tahun depan kasih provinsi lain ya, Pak Ganjar,” kata Airlangga yang disambut tawa peserta.

Selain Jawa Tengah, ada dua provinsi lainnya yang menjadi pemenang kategori strategi penyaluran KUR terbaik tahun 2022. Provinsi Jawa Timur menjadi pemenang kedua untuk kategori penyaluran KUR terbaik. Sementara, Provinsi Lampung bercokol di peringkat ketiga.

Selain penghargaan tentang strategi penyaluran KUR, Kementerian Koordinator Perekonomian juga memberikan penghargaan untuk kategori Inovasi Terbaik dalam Peningkatan Penyaluran KUR. Untuk kategori ini, Jawa Barat mendapat peringkat pertama, disusul Sumatera Selatan dan Bali.

Ganjar seusai menerima penghargaan mengucapkan terima kasih atas apresiasi dari Kementerian Koordinator Perekonomian itu. Dia mengatakan kunci kesuksesan penyaluran KUR di Jawa Tengah adalah mendengarkan keluhan dari pelaku UMKM.

Dia mencontohkan kerap mendengar keluhan bahwa pengusaha UMKM kesulitan menjual produk mereka dan kesulitan mengakses modal. Menurut Ganjar, pengusaha UMKM mengeluhkan tentang adanya kredit dengan suku bunga yang tinggi.

“Mereka cukup dibuat pusing apalagi ketika pandemi,” kata dia.

Setelah mendengar masalah itu, Ganjar mengatakan mencoba melakukan sosialisasi tentang adanya instrumen pembiayaan yang disediakan pemerintah, yaitu KUR.

“Alhamdulillah akhirnya KUR bisa diturunkan, kita genjot sosialisasinya, kita permudah aksesnya dan perbankan yang ada di Jawa Tengah kita kumpulkan untuk sosialisasi yang masif,” kata dia.

Komentar