Politik

Anies Pamer Rekam Jejak Selama Pimpin Jakarta, Bahas EBT – PLTS Pulau Sebira

Beno
×

Anies Pamer Rekam Jejak Selama Pimpin Jakarta, Bahas EBT – PLTS Pulau Sebira

Sebarkan artikel ini
Anies doc./net

JurnalPatroliNews – Jakarta –  Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan berbagi pengalaman saat menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 saat menghadiri diskusi bertajuk “Rembuk Ide Transisi Energi Berkeadilan” yang digelar The Habibie Center di Hotel Le Meridien, Jalan Jenderal Sudirman Kav 18-20, Karet Tengsin, Jakarta Pusat, Kamis (23/11).

Dalam presentasinya, selama lima tahun menjabat, Anies menjelaskan telah melakukan banyak hal berkaitan dengan Energi Baru Terbarukan (EBT).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu pun mengajak para hadirin untuk membandingkan rekam jejak dan karya kandidat dalam menentukan pilihan kelak.

Anies menuturkan, pada 2019 silam, dirinya terpilih sebagai anggota Komite Pengarah (Wakil Ketua) C40 Cities. Di C40 ini dia mendorong kota-kota di dunia melakukan aksi penanganan krisis iklim global.

Selanjutnya, Capres yang diusung Partai Nasdem, PKS, dan PKB itu juga memamerkan telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Pulau Sebira atau pulau terluar dari Kepulauan Seribu dan merupakan wilayah administrasi terjauh dari Provinsi DKI Jakarta.

“PLTS ini penuhi 50 persen konsumsi listrik penduduk,” ujar Anies Baswedan.

Selama menjadi orang nomor satu di Ibukota, Anies juga menghadirkan puluhan bus Transjakarta bertenaga listrik untuk mengurangi emisi. Tak hanya itu, Anies juga membangun sekolah net zero carbon yang mengkolaborasikan Green Building Council.

Teranyar, dalam membangun Jakarta International Stadium, Anies memanfaatkan 1.080 unit panel surya. Tujuan pemasangan panel surya tersebut adalah sebagai upaya penghematan dan efisiensi dengan menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Panel surya memanfaatkan cahaya matahari dengan menyerap sinarnya, lalu menghasilkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan. Konsep ini sejalan dengan konsep green building.

Penulis: lk/*Editor: Beno