Bakal Dapat Pembekalan, 6 Purnawirawan Jenderal dan Mantan Atlet Tenis Gabung PDIP, Jelang Pemilu 2024

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sebanyak enam purnawirawan jenderal dari TNI dan Polri memilih bergabung ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

 Langkah itu, juga diikuti satu orang mantan atlet tenis turut bergabung ke partai berlambang moncong banteng itu. Tujuh orang itu akan diberi pembekalan langsung oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto pada hari ini, Minggu (30/10/2022). 

Adapun keenam purnawirawan jenderal itu terdiri dari lima pensiunan TNI dan satu orang pensiunan polisi. Berikut ketujuh kader baru PDIP itu:

 1.Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito Ganip pernah menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama enam bulan pada medio Mei-November 2021. Ia juga pernah menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III (2019-2021) dan Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI). 

2. Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji Agus Setiadji yang lahir pada 31 Agustus 1962 merupakan purnawirawan perwira tinggi TNI AL yang pernah menjabat Staf Khusus KSAL. Agus juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kemhan RI pada 2019-2020. 

3. Irjen Pol (Purn) Fakhrizal Fakhrizal tercatat pernah menjabat Kapolda Sumatara Barat dan Kapolda Kalimantan Tengah selama berkarier di kepolisian. Ia juga tercatat pernah menjabat Karopaminal Divpropam Polri. 

4. Mayjen TNI (Purn) Gunawan

Gunawan merupakan perwira tinggi TNI dengan jabatan terakhir sebagai Pa Sahli Tk. III Bid Jahpers Panglima TNI tahun 2021. 

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Komandan Detasemen Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (2018) dan Kepala Badan Pembekalan TNI (2019). 

5. Mayjen TNI (Purn) F Saud Tamba Tua Saud Tamba Tua merupakan seorang purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Laut yang terakhir menjabat sebagai Staf Khusus KSAL. Alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 31 tahun 1986 ini juga pernah mengisi posisi Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas Panglima TNI (2018-2018).

 6. Brigjen TNI (Purn) Donar Philip Rompas Donar merupakan seorang purnawirawan TNI-AL yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Lantamal VIII/Manado. 

Lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXI/tahun 1986 ini juga pernah mengisi posisi Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar).

 Sementara itu, seorang mantan atlet tenis yakni Yayuk Basuki selama berkarir di tenis berhasil memperoleh enam gelar tunggal WTA Tour dan sembilan gelar dari ganda. 

Prestasi terbaiknya dalam turnamen Grand Slam adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997. Atas dasar itu, ia sempat mendapat julukan The Jaguar of Asia.

Tak hanya tenis, ia juga sempat berkarir di kancah politik bersama PAN. Bahkan, Yayuk pernah masuk ke Parlemen pada periode 2014-2019.

Komentar