Batas Usia Capres-cawapres Digugat Ke MK, PAN: Gibran Berpeluang Masuk Bursa!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Partai Amanat Nasional (PAN), menyinggung sosok Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, yang berpeluang maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pasalnya, Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN, mengungkapkan, bakal ada kejutan, jika gugatan batas usia Capres dan Cawapres minimal 40 tahun, dalam Undang-Undang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK), dikabulkan.

“Saya kira nanti akan ada banyak kejutan. Sekarang ada gugatan masalah umur capres dan cawapres, yang di undang-undang yang kami buat dulu itu batas 40 tahun. Sekarang ada yang menggugat. Nah ini juga harus dipahami sebagai peristiwa politik tidak biasa,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (27/5/23).

Ia menilai, gugatan itu tak sekonyong-konyong dilayangkan tanpa maksud. Dirinya lalu menyinggung Gibran, yang belakangan namanya muncul di pembicaraan sosok Capres dan Cawapres 2024.

“Bahwa tidak ada asap kalau tidak ada api, artinya pasti ada kejutan politik yang menurut pandangan saya, Gibran itu berpeluang juga untuk diusung sebagai Cawapres. Kita tunggu,” sambungnya.

Meski demikian, ia menyebut, dukungan PAN soal Cawapres, masih cenderung kepada Erick Thohir, Menteri BUMN, dan sang ketum, Zulkifli Hasan.

“Kalau sekarang PAN soal Cawapres itu Erick Thohir sama Bang Zul, dan itu tetap kami perjuangkan. Dan kita coba bangun komunikasi dengan kandidat Capresnya, supaya mau mengambil Erick Thohir,” ucapnya.

“Tapi saya bilang tadi peristiwa gugatan umur ke MK itu peristiwa politik yang tidak biasa. Artinya ada sesuatu di balik itu yang sebagai partai politik di Indonesia sejatinya mencermati ini sehingga menjelang pendaftaran itu tidak salah langkah, sehingga bisa memenangkan pilpres,” tandasnya.

Diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), menggugat batasan usia Capres dan Cawapres minimal 40 tahun, dalam Undang Undang Pemilu ke MK. Disisi lain, nama Gibran sering digadang-gadang untuk menjadi Cawapres bakal calon Presiden Prabowo Subianto. Sementara itu, Usia Gibran saat ini masih di bawah 40 tahun.

Komentar