Buka-bukaan, Puan Ingatkan: IKN Nusantara Jangan Sampai Mangkrak

JurnalPatroliNews – Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani buka-bukaan tentang pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur dan sejumlah kekhawatiran yang sudah disampaikannya kepada pemerintah. Puan mengingatkan agar pembangunan IKN Nusantara jangan sampai mangkrak.

Hal itu disampaikan Puan, dukutip Cnn  Rabu (23/2/2022).

Puan menegaskan pemerintah harus memegang komitmen pembangunan IKN Nusantara meski waktu memimpin hanya tersisa kurang dari 5 tahun.

“Nah, saya rasa ini tantangan dan komitmen buat pemerintahan sekarang sudah memiliki cita-cita tersebut, segera lakukan sesuai dengan apa yang menjadi cita-citanya. Bahwa itu bisa diselesaikan atau tidak bisa diselesaikan, itu kan masih panjang. Dan kita semua juga memahami bahwa membangun satu ibu kota baru walaupun DKI Jakarta tidak ditinggalkan tentu saja butuh waktu yang panjang. Harusnya sudah dipertimbangkan dan dipikirkan matang-matang bahwa tidak mungkin membangun satu ibu kita baru itu hanya waktunya 5 tahun, bahkan ini sekarang cuma 3 tahun setelah disahkannya undang-undang tersebut,” kata Puan.

Meski demikian, Puan menyebut dirinya menghargai cita-cita pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin membangun IKN Nusantara.

 Puan menyebut ini saatnya gotong royong dan memberi keyakinan kepada pemerintah.

Puan mengakui masih banyak masalah terkait pembangunan IKN, dari soal tanah adat, hayati, hingga hewani. Menghargai komitmen pemerintah, Puan mengaku mengingatkan soal akuntabilitas dan transparansi tetap harus dijaga pemerintahan Jokowi dan pemerintahan selanjutnya.

Komentar