Joe Biden Ungkap Kenapa Ibukota RI Pindah Ke IKN, Ini Penyebabnya!

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS), pernah membocorkan alasan mengapa Indonesia perlu pindah ibu kota.

Saat berbicara soal perubahan iklim pada tahun 2021 silam, dalam pidato sambutan di kantor Direktur Intelijen Nasional AS waktu itu, Biden mengatakan, Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Biden menilai, perubahan iklim adalah ancaman terbesar. Akibatnya, perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi, telah menghantui seluruh Dunia.

Perubahan iklim, lanjutnya, menyebabkan naiknya permukaan air laut, dan akan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal, mata pencaharian dan kehidupan.

“Jika, pada kenyataannya, permukaan laut naik dua setengah kaki lagi, Anda akan memiliki jutaan orang yang bermigrasi, memperebutkan tanah yang subur,” ujarnya, sebagaimana dipublikasikan oleh Gedung Putih.

“Apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar, bahwa dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?” lanjutnya.

Selain itu, NASA, Badan Antariksa AS, membeberkan, meningkatnya suhu global dan lapisan es yang mencair, membuat banyak kota di pesisir seperti Jakarta, akan menghadapi resiko banjir dan juga luapan air laut yang semakin besar.

NASA memprediksi, kenaikan laut global yang rata-rata sebesar 3,3 mm per tahun, dan adanya tanda badai hujan makin intens saat atmosfer memanas, akan menjadikan banjir sebagai sesuatu yang lumrah.

NASA juga mengunggah gambar landsat, yang menunjukkan evolusi Jakarta dalam tiga dekade terakhir. Adanya pembabatan hutan dan vegetasi lain, dengan permukaan kedap air di sepanjang sungai Ciliwung dan Cisadane, telah mengurangi penyerapan air.

Rangkaian inilah yang menyebabkan adanya limpahan serta banjir bandang, diperparah oleh saluran sungai dan kanal yang menyempit, atau tersumbat secara berkala oleh sedimen dan sampah.

Komentar