Bukan Kaleng-kaleng! PAN Makin Yakin Usung Erick Thohir Usai Melejit di Survei Indikator

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir menempati posisi teratas elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) versi lembaga survei Indikator Politik Indonesia. Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengaku partainya semakin yakin mengusung Erick sebagai cawapres.

“Dari tren survei tadi, artinya yang kami gadang-gadang ini cocok betuk ini. Bang Erick Thohir dengan suara tertinggi walaupun beda tipis dengan Bang Ridwan Kamil tentu publik mengapresiasi,” kata Yandri dalam rilis survei Indikator, Minggu (4/6/2023).

Yandri mengatakan faktor yang menaikkan elektabilitas salah satunya kinerja Erick di Ketua Umum PSSI. Yandri mengatakan sepak bola di ajang Sea Games meraih emas setelah 32 tahun lamanya.

“Karena bola ini kan seperti agama kedua di republik ini kan. Jadi, anak kecil, tua-muda, laki-perempuan, di desa di kota senang dengan bola dan Erick Thohir sudah membuat sesuatu yang luar biasa, sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Misalkan 30 tahun puasa gelar di Sea Games kemarin bisa mendapat medali emas termasuk tanggal 19 Juni menurut orang sesuatu tidak mungkinlah Messi dkk datang ke Indonesia juara dunia di Qatar kemarin bisa,” ujarnya.

Karena itulah, Yandri menilai sosok Erick bukan kaleng-kaleng. Dia berharap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maupun Menhan Prabowo Subianto mempertimbangkan Erick untuk menjadi cawapres.

“Artinya yang kami usung ini bukan sesuatu yang kaleng-kaleng, tapi luar biasa, jadi tawaran kami buat merah putih ini luar biasa. Oleh karena itu menurut saya ini pertimbangan bagi Ganjar maupun Prabowo syarat kami untuk salah satu yang kami bahas internal walaupun nanti keputusan di ketum partai siapa yang kami usung capres dan cawapres,” kata Yandri.

“Hasil rakernas tahun lalu Erick Thohir satu-satunya yang kami endorse atau kami calonkan dari menterinya Jokowi dan kami tahu sekali lagi kami masuk koalisi Jokowi, saran Pak Jokowi juga menjadi landasan kami untuk mengambil keputusan.” ujarnya.

Survei Cawapres Indikator Erick Thohir 15,5%

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis elektabilitas tokoh dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) terbaru. Hasilnya, Menteri BUMN Erick Thohir yang berada di posisi teratas.

Survei ini digelar pada 26-30 Mei 2023 terhadap 1.230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Survei dilakukan melalui panggilan telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini dilakukan setelah Timnas Indonesia U-22 berhasil meraih medali emas di cabang sepak bola Sea Games. Diketahui, pertandingan final sepakbola SEA Games 2023 mempertemukan Indonesia vs Thailand digelar Selasa (16/5).

Terkait bursa cawapres, Indikator memberikan 18 nama tokoh yang masuk bursa cawapres. Responden diberikan pertanyaan ‘Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang Ibu/Bapak anggap paling pantas sebagai calon Wakil Presiden di antara nama-nama berikut?’.

Komentar