Dihadapkan Sejumlah PR! Simak Pesan Sri Mulyani untuk ‘Calon Menkeu’ RI Masa Depan

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh pemerintah soal kesejahteraan. Dia mengatakan pekerjaan rumah itu salah satunya bisa diselesaikan melalui keuangan negara.

Hal itu dia sampaikan dalam acara Wisuda Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) 2023. “Kita harus sadar bahwa masih banyak bagian dari rakyat kita yang membutuhkan keuangan negara hadir dan menyelesaikan masalah,” kata Sri Mulyani dalam pidatonya, Kamis (5/10/2023).

Sri Mulyani mengatakan keuangan negara merupakan alat untuk mencapai tujuan bernegara, yaitu menciptakan kesejahteraan dan keadilan sosial. Untuk mencapai tujuan itu, kata dia, pekerjaan rumah pertama yang harus diselesaikan adalah pembangunan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan dan kesehatan.

Dia meminta lulusan STAN yang memperoleh pendidikan dengan biaya negara untuk mengembalikan ‘hutang’ tersebut dengan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas.

“Banyak anak muda yang lain yang belum memiliki kesempatan dan kenikmatan seperti kalian, pikirkan pada saat Anda ditugaskan di mana saja,” katanya.

“Jangan lupakan itu dan kebutuhan investasi SDM sungguh sangat besar, pendidikan, kesehatan, membantu mereka yang miskin ekstrem, mereka yang kurang gizi sehingga mengalami stunting, sehingga dia tidak akan mungkin sekolah setinggi kalian, apalagi mendapatkan IPK 3,87 atau 3,88,” kata Sri Mulyani melanjutkan.

Selain itu, Sri Mulyani mengatakan PR kedua adalah memeratakan pembangunan untuk kesejahteraan. Dia mengatakan saat ini Indonesia masih memiliki daerah terluar, tertinggal dan termiskin. Menurut dia, keuangan negara bisa jadi instrumen untuk menyelesaikan masalah ini.

“Belajar terus bagaimana kita mengelola keuangan negara menjawab masalah itu, gunakan ilmu Anda untuk kebaikan,” ujarnya.

Komentar