Hadiri HUT TNI Ke 78! Pesan Jokowi ke TNI di Tahun Politik: Jaga Kedamaian!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri perayaan HUT Ke 78 – TNI di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Jokowi berpesan kepada anggota TNI untuk terus menjaga kondisi politik yang damai.

Terakhir kini telah memasuki tahun politik, saya minta tetap jaga betul kondisi damai, segera padamkan percikan sekecil apapun,” kata Jokowi.

Dia berpesan pada insan TNI untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa perbedaan pilihan merupakan hal wajar. Begitu juga dengan menang dan kalah. Selain itu, dia juga meminta TNI – Polri menjaga terus sinergitas, dan terus menjaga netralitas.

“Tetap pelihara watak ksatria. Selalu jadikan sapta marga dan sumpah prajurit pegangan dalam bertindak,” kata Jokowi.

Untuk diketahui, Upacara HUT TNI ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, dimana Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara juga memberikan amanat dan tanda kehormatan. Selain itu atraksi udara juga ditampilkan yang melibatkan 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara.

Setidaknya pada upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI Tahun 2023 mengerahkan 4.630 personel pasukan dan 130 Alutsista.

Dalam acara ini juga dihadiri Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin, Mantan Presiden dan Wakil Presiden menghadiri upacara ini seperti Mantan Presiden RI Ke 6 yakni Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden RI ke 5 Megawati Soekarno Putri.

Terlihat juga para Wakil Presiden yang hadir seperti Wakil Presiden Ke 7 Tri Sutrisno, Wakil Presiden ke 11 Boediono, Wakil Presiden ke 10 dan ke 12 Jusuf Kalla.

Selain itu, acara ini juga dihadiri Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

Komentar