Ganjar dan Prabowo Berebut Wakil, 5 Hari Menjelang Pendaftaran Capres-Cawapres

JurnalPatroliNews – Surabaya – Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pemilihan Presiden (Pilpres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyatakan soliditas para relawan pendukung Ganjar Pranowo tak terpengaruh dengan adanya dukungan organisasi relawan Pro-Jokowi (Projo) kepada Prabowo Subianto.

Basarah menyatakan pihaknya tetap dalam kondisi solid memenangkan bakal calon presiden (capres) Ganjar di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami solid dan bekerja setiap hari, baik di kantor kami dengan tim koordinasi relawan di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro 72 Jakarta Pusat, maupun kegiatan relawan yang dilaksanakan di tengah masyarakat,” kata Basarah di sela agenda Rapat Koordinasi Pemenangan Pileg dan Pilpres Pemilu 2024 Caleg DPR RI dan Kepala Daerah Serta Wakil Kepala Daerah Se-Jawa Timur di Surabaya, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Diketahui, Projo menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI pada Sabtu, 14 Oktober 2023, di Indonesia Arena, Jakarta, dan resmi mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo.

Lebih lanjut, Basarah mengatakan, setiap organ relawan Ganjar Pranowo saat ini terus berupaya meningkatkan elektabilitas mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Kami berkoordinasi dengan relawan yang memang sikap, niat, dan keputusan politiknya bulat mendukung Pak Ganjar sebagai bakal calon presiden,” ujarnya. “Kami fokus bekerja sesuai dengan ruang lingkup kami.”

Untuk itu, Basarah menyatakan tak ingin “cawe-cawe” dapur relawan yang tidak menjatuhkan pilihan kepada Ganjar, sebab masing-masing organ relawan juga punya kewenangan sendiri-sendiri dan hal itu merupakan bagian dari demokrasi.

“Kami menghormati terhadap organ relawan lain yang punya keputusan yang lain dan itulah demokrasi,” ucapnya.

Selain itu, Basarah menambahkan, para relawan Ganjar juga berupaya untuk mewujudkan situasi kondusif jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya selaku Ketua Tim Koordinasi Pemenangan Relawan Ganjar Pranowo menghormati setiap keputusan politik yang diambil oleh masing-masing organ relawan untuk menentukan arah politik dan dukungannya pada pilpres 2024,” ujarnya.

Basarah menyebut tetap membuka pintu bagi setiap relawan yang ingin bergabung dalam barisan tim pemenangan Ganjar.

“Tentu siapapun yang datang kepada kami, kemudian menyatakan dukungannya tentu harus kami terima dengan tangan terbuka, karena itulah sejatinya energi yang dapat mendukung Mas Ganjar,” tuturnya.

Projo resmi dukung Prabowo

Agenda Rakernas VI yang digelar oleh Projo dihadiri oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan para relawan agar terlibat menjaga kondusivitas seluruh proses berjalannya tahapan jelang pesta demokrasi.

Usai Rakernas, relawan Projo mendeklarasikan dukungannya terhadap Prabowo di kediamannya, di Jakarta, pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

“Projo sepakat untuk mendukung Bapak Prabowo Subianto sebagai calon presiden Republik Indonesia pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 mendatang,” ucap Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi. Projo juga menetapkan Prabowo menjadi anggota kehormatan relawan Projo.

Komentar