Gibran Antar 45 Bacaleg PDIP Solo ke KPU: Kita Sasar Gen Z Pemilih Pemula

JurnalPatroliNews – Jakarta DPC PDIP Solo mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Solo, Kamis (11/5).

Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo sekaligus kader DPC PDIP Solo, didaulat melepas rombongan bacaleg mendaftar dari Kantor DPC PDIP Solo ke KPU, dengan mengibarkan bendera PDIP.

Para bacaleg itu memakai baju lurik dan kebaya, naik sepeda angin—naik andong bagi bacaleg perempuan.

Sebelum berangkat ke KPU, Gibran memberikan orasi politiknya dengan meminta pada bacaleg menggarap generasi Z dan milenial sebagai lumbung suara di Pileg 2024.

“Sasar pemilih pemula karena jumlahnya belum banyak dan belum semua digarap. Makanya tadi saya senang caleg PDIP muda mewakili mereka (generasi Z dan milenial),” ujar Gibran.

Gibran pun memberikan perhatian khusus bacaleg muda yang baru. Sementara bagi bacaleg petahana sudah pasti akan jadi kembali.

“Kami meyakini target 35 kursi dari 45 kursi tersedia di DPRD Solo tercapai. Intinya kita nanti bukan hanya menyasar milenial saja, tapi juga generasi Z, anak-anak muda yang baru pertama kali nyoblos,” kata dia.

Gibran menjelaskan pada akhir Mei sampai Juni banyak event yang diadakan Pemkot Solo serta peresmian infrastruktur fisik. Dia pun mempersilakan para bacaleg menempel ikut dirinya di acara Pemkot Solo.

“Tidak usah saya suruh nempel di acara tersebut, ikut saja. Perbanyak ketemu milenial dan warga,” katanya.

Kurangi Spanduk

Gibran menambahkan pihak juga meminta bacaleg mengurangi spanduk untuk kampanye, dan memilih untuk bersosialisasi di media sosial.

“Perbanyak bertemu warga. Jika ada keluhan di medsos segera ditangani. Jika butuh bantuan saya silakan,” ujar Gibran.

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan dari 45 bacaleg ini sebanyak 40 persen muda. Untuk bacaleg paling muda berusia 27 tahun.

“Sebanyak 21 orang bacaleg merupakan wajah baru. Dalam hal ini petugas partai bukan jongos, bukan cari uang untuk partai, tetapi mensejahterakan rakyat,” kata Rudy.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan hasil penyerahan berkas 45 bacaleg ke KPU hasilnya dinyatakan memenuhi syarat (MS).

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan hasil pemeriksaan berkas bacaleg 45 PDIP telah dinyatakan memenuhi syarat. Selanjutnya KPU masih menunggu pendaftaran bacaleg dari parpol lain.

“Baru dua parpol yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Solo, yakni PKS dan PDIP,” ujar Nurul.

Komentar