Heboh Peluang Anies di Pilpres 2024, Partai Demokrat – NasDem Nilai: Ade Armando Pakai Kritik Politik Identitas

JurnalPatroliNews – Jakarta – Partai Demokrat (PD) dan Partai NasDem menilai Ade Armando menggunakan politik identitas dalam kritik terhadap peluang Anies Baswedan di Pilpres 2024. Ade Armando merespons. Menurutnya, PD dan NasDem sedang panik.

“Artinya mereka panik karena strategi mereka terbongkar,” kata Ade Armando kepada rekan media, Jumat (4/11/2022).

Pegiat media sosial, pendukung Ganjar Pranowo, sekaligus dosen Universitas Indonesia (UI) ini menegaskan dirinya bukanlah pengguna politik identitas.

“Nggak ada satupun dari kalimat saya yang bisa ditafsirkan sebagai politik identitas,” kata Ade.

Justru kubu Anies Baswedan-lah yang disebutnya menggunakan politik identitas. Sebagaimana diketahui, PD, NasDem, bersama PKS adalah parpol yang cenderung punya kedekatan ke Anies. Apalagi, NasDem sudah menyatakan dukungannya ke pencapresan Anies.

“Jadi menurut saya yang menggunakna narasi politik identitas adalah kubu Anies sendiri,” kata dia.

Politik identitas yang diterapkan oleh kubu Anies antara lain adalah peristiwa Anies meresmikan gereja, berkumpul ke gereja, Anies mengenakan stola di gereja, dan memunculkan isu soal dukungan dari pastor untuk Anies meski kemudian muncul bantahan dari Keuskupan Agung Medan.

“Ada pula pernyataan bahwa Anies adalah Bapak Kesetaraan. Itu semua adalah kampanye untuk merebut hati umat Kristen,” kata Ade Armando.

Ade menilai Anies sudah dekat dengan kelompok yang tidak disetujui Ade dari dulu, yakni FPI dan kelompok simpatisan Habib Rizieq Shihab. Dia juga menyoroti ucapan Anies setelah dia berhasil menjadi Gubernur DKI Jakarta, yakni kemenangan di Pilgub DKI 2017 adalah kemenangan pribumi.

“Sekarang dia sedang berbaik-baik mendekati umat Kristen karena dia kepalang disebut sebagai bapak politik identitas,” kata Ade.

Ade mendeteksi strategi politik identitas sudah ada sejak 2017 meski Ade tidak memastikan apakah itu strategi Anies sendiri atau strategi kubu pendukung Anies. Namun yang jelas, Ade menilai Anies membiarkan adanya politik identitas tersebut.

“Umat Kristen jangan sampai terpedaya,” kata Ade.

Isu politik identitas ini berawal dari video Ade Armando di YouTube CokroTV yang viral di media sosial. Ade menganalisis soal suara pemilih dari Kristen dan pengaruhnya terhadap kemenangan Anies di Pilpres 2024. Menurutnya, umat Kristen harus bersatu tidak memilih Anies supaya Anies tidak memenangi Pilpres 2024.

Komentar