‘Musuh Besar’ Anies Bertambah, Hadapi Dua Presiden RI: SBY dan Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan kini punya dua musuh politik yang keduanya setidaknya pernah menduduki jabatan presiden.

Adalah Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Adapun SBY yang sebelumnya mendukung Anies kini menjadi rival politiknya usai sosok eks Gubernur DKI Jakarta itu kuat diisukan mendapuk Ketua Umum (Ketum) PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Kerenggangan hubungan Jokowi dan Anies nampak dari perlakuan sang presiden.

adapun diketahui bahwa Jokowi turut memberikan dukungan ke Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai capres, namun beda kasus dengan Anies.

Jokowi juga memberi pernyataan bahwa ia akan cawe-cawe di Pilpres 2024, sehingga sikapnya mengecualikan Anies dari pencapresan semakin nampak.

Anies sontak merasa ada upaya untuk menjegal dirinya dari pencapresan.

“Kami banyak sekali menerima ungkapan aspirasi dan kekhawatiran. Ada yang mengungkapkan kekhawatiran penjegalan,” kata Anies di Sekretariat Koalisi Perubahan untuk Persatuan di Jakarta Selatan, Selasa (30/5/2023) lalu.

Anies juga membandingkan pemerintahan Jokowi dengan SBY kala masih dekat dengan sosok tokoh Partai Demokrat itu.

Anies kala mengisi acara HUT ke-21 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Istora Senayan pada Sabtu (20/5/2023) lalu membandingkan pembangunan jalan tol di era Jokowi vs SBY.

“Saya bandingkan (pembangunan jalan) dengan pemerintahan lalu, zaman pak SBY jalan tak berbayar yang dibangun sepanjang 144.000 atau 7,5 kali lipat,” kata Anies kala itu.

SBY kini tabuh ‘genderang perang ke Anies’: Kecewa dan merasa dibohongi

SBY kini dibuat kecewa atas sikap Anies pilih Cak Imin ketimbang Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres.

SBY di Cikeas, Jawa Barat, Jumat (1/9/2023) menilai bahwa meski Demokrat diperlakukan demikian oleh Anies, para kader harusnya bersyukur.

“Meskipun kita dibeginikan oleh Capres Anies dan mitra koalisi kita tetapi sesungguhnya kita harus bersyukur. Bersyukur kepada Allah SWT bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa,” tegas SBY.

Sebab, SBY menilai bahwa lebih baik Demokrat dilancangi sekarang ketimbang medekati Pilpres 2024.

“Alasan saya pertama ya memang karena kita ditelikung dan ditinggalkan seperti ini sekarang, bayangkan kalau ditelikung kita ini ditinggalkan kita ini 1 2 hari sebelum batas pendaftaran ke KPU bayangkan seperti apa?,” lanjutnya.

Berkaca dari kejadian ini, SBY bersyukur sudah ditunjukkan mana pemimpin yang tidak amanah.

“Sekarang saja tidak siddiq, amanah, tidak pegang komitmen yang bagaimana nanti kalau menjadi pemimpin dengan kekuasaan yang besar akan diapakan,” pungkas SBY.

Komentar